Pemda dan HKTI Kepsul Lakukan Panen Raya

Editor: Admin author photo
Hendrata Saat Melakukan Panen Raya

SANANA- Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) turut serta dalam acara Panen Raya, yang diselenggaraakan Pemerintah Daerah (Pemda Kepsul) melalui Dinas Pertanian, di Waikalopa, Desa Fukweu, Kecamatan Sanana Utara, Kamis (05/03).

Acara Panen Padi ini dihadiri oleh Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes yang juga merupakan Ketua DPD HKTI Kepsul, bersama unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) dan OPD atau Organisasi Perangkat Daerah dilingkup Kepulauan Sula.

Saat dijumpai pasca kegiatan Panen Padi Sekretaris HKTI Kepsul, Faruk Bahanan mengatakan, hari ini Pemda melalui Dinas pertanian yang bekerjasama membuktikan bahwa tanah Sula juga bisa ditanam Padi

Kata Faruk, bahwa salah satu bibit padi yang ditanam dilahan ini adalah jenis M-400, hasil dari penelitian HKTI pusat yang kemudian diklaim sebagai Moeldoko-400 atau M-400, (Moeldoko Ketua DPN HKTI-red).

"Untuk menjawab kebutuhan pasar memang memerlukan proses, dan insha Allah HKTI akan menjawab itu. Namun hari ini Kita sudah memulainya, terlihat Pemda Kepsul berupaya keras dibidang pertanian, mengenalkan sawah, bagaimana menanam padi yang baik tinggal masyarakat meneruskan sehingga cita-cita swasembada beras itu  bisa kita wujudkan bersama", sambung Sekretaris HKTI.

Ia menambahkan, Swasembada Beras itu bagi HKTI bukan hanya sekedar cita-cita, namun lebih kepada obsesi. Menurutnya tujuan memangkas biaya distribusi akan menjadi harapan semua masyarakat Sula yang hari ini masih menkonsumsi beras dari luar Kabupaten Kepulauan Sula.

"Kita berproses, hari ini Anda sendiri bisa melihat bagaimana kerasnya upaya kami ke arah itu. Bahkan Pak Bupati yang juga merupakan Ketua kami terus melakukan sosialisasi bahwa kini petani modern atau profesi petani sangat menjanjikan, dalam waktu dekat Kita akan melakukan kampanye Petani Milenial yang bertujuan menumbuhkan niat bercocok tanam dikalangan milenial", tutup Faruk. (di)
Share:
Komentar

Berita Terkini