Pemdes Sapa Timur Berlakukan Buka Tutup Akses Masuk Desa

Editor: Admin author photo
Foto: Hukum tua Sapa Timur Ronny Lengkey, saat melakukan pengecekan suhu tubuh pada setiap pengunjung yang masuk di desa

MINSEL- Demi mengatisipasi akan penyebaran  Corona Virus Disease (Covid-19) di Desa Sapa Timur.  Pemerintah Desa (Pemdes) Sapa Timur, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) memberlakukan buka tutup di jalan akses masuk desa.

Kegiatan buka tutup jalan masuk desa ini dilakukan semenjak pekan lalu. Selain  dilakukannya buka tutup jalan masuk desa. Pemdes juga melakukan pengecekan suhu tubuh pada setiap pengunjung yang masuk desa.


"Selain memberlakukan buka tutup akses jalan masuk, Kami juga mengecek suhu tubuh setiap orang yang masuk ke desa, baik orang luar maupun orang dalam. Dimana tindakan preventif ini dijalankan karena sesuai info dari pemerintah kabupaten ada tiga warga Minsel yang dalam ODP (Orang Dalam Pemgawasan)," tutur Ronny Lengkey, Hukum Tua Sapa Timur, kepada wartawan media ini, Sabtu (28/03/2020).


Lanjut Ronny, apabila saat pengukuran suhu tubuh ada yang mencapai 37,5 derajat Celsius. maka  tamu atau orang kampung tersebut akan dikirim ke kabupaten untuk diperiksa lebih lanjut oleh tim Kesehatan.


" Langkah ini kita berlakukan agar dapat mengidentifikasi kondisi kesehatan yang bersangkutan secara lebih detail," ujar Ronny.


Sambung Lengkey, kegiatan ini akan terus dilakukan sampai kondisi di Indonesia dinyatakan bebas dari virus corona. hal tersebut sebagai tindakan preventif Pemdes Sapa timur. selain itu, Pemdes juga menyiapkan hand sanitizer di tempat tersebut.


“Siapa pun yang datang kami minta untuk membersihkan tangan sesering mungkin,” tukasnya.


Untuk itu, dalam rangka melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus corona. Pemdes Sapa Timur telah  menyampaikan pengumuman mengenai imbauan menjaga kesehatan kepada masyarakat setempat.


“Sesuai yang telah disampaikan oleh Menteri Kesehatan, dengan daya tahan tubuh yang bagus, kemungkinan terjangkit penyakit akan sangat kecil,”tutupnya. (Ir)
Share:
Komentar

Berita Terkini