Pemkab Halteng, PT. IWIP dan WBN Duduk Bersama Bahas Tenaga Kerja

Editor: Admin author photo
Foto: Didampingi para Asisten Setda Pemkab Halteng, Wabup Abd. Rahim Odeyani pimpin rapat bersama HRD PT.IWIP dan WBN

WEDA -
  Pemkab Halmahera Tengah (Halteng), PT. Indonesai Weda Industrial Park (IWIP) dan PT. Weda Bay Nickel (WBN) duduk bersama membahas masalah tenaga kerja.

Rapat tersebut di pimpin langsung Wakil Bupati Halteng Abd. Rahim Odeyani didampingi Asisten Bidang Pemerintahan, Asisten Bidang Ekonomi dan Keuangan, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Halteng bersama HRD PT. IWIP dan HRD PT. WBN yang dilaksanakan di ruang rapat Wakil Bupati Halteng, Selasa (10/11/2020).

Pada kesempatan itu pula Pemkab Halteng menyambut baik dan memberikan apresiasi atas keterbukaan pihak PT. IWIP maupun WBN dalam perekrutan tenaga kerja.

“ Ini menandakan bahwa ada itikad baik antara Pihak Perusahaan dengan pemerintah daerah,” ungkap Wabup.

Dalam pertemuan itu, Wabup Halteng Abd. Rahim Odeyani menyampaikan beberapa hal kepada pihak HRD PT. IWIP dan WBN dalam rekrutmen tenaga kerja harus memprioritaskan putra-putri Fagogoru. Hal itu bertujuan agar putra-putri fagogoru dapat diberdayakan dengan baik.

“ Kami berharap putra-putri fagogoru lebih di permudahkan oleh pihak PT. IWIP dalam seleksi berkas lamaran. Tapi alangkah baiknya berkas lamaran bisa dimasukkan ke Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Selanjutnya, pihak dinas akan menyampaikan ke PT. IWIP dan WBN,” ucap Odeyani.

Selain itu, Wabup menegaskan, Pemkab Halteng berharap rekrutmen tenaga kerja, baik  kualifikasi atau persyaratan yang diajukan pihak perusahaan nanti putra-putri fagogoru dipermudah misalnya untuk tenaga operator yang tidak bersertifikat atau lisensi SIO, Tenaga Security yang tidak memiliki sertifikat Gada Pratama.

“ Kewajiban pihak perusahaan harus menyediakan pendidikan dan pelatihan kerjasama dengan Pemerintah Daerah supaya tenaga kerja lokal dapat di akomodir,” ujarnya.

Sementara Huma Resources Development (HRD) PT. IWIP, Rosa Rina Sangaji, pada rapat itu menyampaikan bahwa tahun ini PT. IWIP membutuhkan tenaga kerja baik yang memiliki skill maupun non skill.

“ Untuk non skill di prioritaskan untuk masyarakat daerah lingkar tambang mulai dari Weda Timur sampai ke Weda Tengah,” ucap Rina.

Lanjut Rina, sementara tenaga yang dibutuhkan saat ini, yakni tenaga security sebanyak 20 orang. Sebab seiring dengan perkembangan konstruksi kemungkinan besar jumlah tenaga kerja yang akan datang diperkirakan 2.500-an tenaga kerja termasuk operator, tenaga medis, penerjemah dan lain sebagainya, tuturnya.

Di akhir pertemuan Wabup menekankan agar tenaga lokal khususnya di Halmahera Tengah dapat di akomodir secara keseluruhan, karena ini komitmen Pemkab Halteng dan perusahaan dalam mengatasi pengangguran.

“ Jika ini terlaksana dengan baik, maka angka kemiskinan di Kabupaten Halmahera Tengah menjadi Zero (nol) di tahun 2021,” tutupnya. (dir/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini