Pemkot Tikep Gratiskan Biaya Bersalin

Editor: Admin author photo
Foto: Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Tikep, dr, Abdullah Maradjabessy

TIDORE – Pemkot Tidore Kepulauan (Tikep) telah menggratiskan biaya persalinan bagi masyarakat Kota Tidore Kepulauan khususnya ibu hamil, baik di Rumah Sakit Daerah (RSD) maupun Puskesmas.

Pasalnya, biaya persalinan gratis telah anggaran pemerintah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) senilai Rp. 2 Miliar. 

Sementara persalinan gratis sudah diterapkan di Puskesmas dan RSD Kota Tidore Kepulauan. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tikep, Abdullah Marajabessy, bahwa bantuan persalinan tersebut diberi nama Jampersal atau jaminan persalinan.

Lanjut Abdullah, untuk mendapatkan bantuan tersebut syaratnya adalah yang bersangkutan atau ibu hamil benar-benar masyarakat asal Kota Tidore Kepulauan dibuktikan dengan surat keterangan domisili dari Kelurahan, Kartu Tanda Penduduk (KTP) Suami- Istri dan Kartu Keluarga.

“ Kalau ibu hami asli orang tidore, bersalin di Puskesmas atau Rumah Sakit, baik itu normal maupun operasi. Itu, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan yang bayar membayar biaya bersalin,” ungkap Abdullah Maradjabessy kepada wartawan nusantaratimur.com di ruang kerjanya, Selasa (10/03/2020).

Abdullah menambahkan, selain digratiskan bersalin di Puskesmas dan Rumah Sakit di Kota Tidore Kepulauan. Tak hanya itu, Ibu hamil bersalin di RSUD mana pun akan digratiskan asalkan yang bersangkutan betul-betul berdomisili di Kota Tidore Kepulauan.

“ Kalau ibu hamil melahirkan di RSUD Weda atau RSUD Ternate nanti Pemda Kota Tikep yang membayar persalinan asal dia orang Tidore, tapi itu dapat fasilitas kelas 3,” tuturnya.(Aidar/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini