Pencegahan Wabah Corona Di Halbar Berjalan

Editor: Admin author photo
Proses pengecekan wabah corona

JAILOLO—Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) dalam mencegah masuknya Covid19 atau corona ini mulai berjalan, usai pembentukan tim satuan gugus (Satgus) penanganan covid pada senin (16/03) kemarin, Dinas Kesehatan bersama dengan Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilker Jailolo, dan Petugas Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Jailolo yang tergabung dalam tim satgus melakukan pemantauan dan pemeriksaan suhu terhadap para penumpang kapal AL-sudais 21 yang baru tiba dari manado pada selasa (17/03) di Pelabuhan Penyebarangan Jailolo.

Dari hasil pantauan media tim satgus yang bertugas langsung bersiaga di depan pos masuk penumpang untuk menunggu turunnya penumpang ddari kapal. Penumpang yang turun dan melewati pos masuk harus di cek suhu tubuh dengan thermoscan terlebih dahulu sebelum keluar dari pos tersebut.

Juru Bicara Tim Satgus Rosfintje Kalengit saat ditemui media usai pemantaaun menyampaikan tim satgus akan melakukan pemantauan kapal yang masuk ke pelabuhan jailolo, terutama kapal yang tiba dari manado.

"Pemantauan perdana dilakukan di kapal Al-sudais yang baru tiba dari manado, ada sebanyak 45 orang penumpang dari manado yang turun ke pelabuhan jailolo dan sudah dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan hasil semuanya tergolong normal dan tidak ditemukan suhu tubuh yang tidak normal. Artinya sejauh ini masih terpantau aman dan kita akan terus melakukan pemantauan untuk memastikan tidak ada suspect ataupun covid19 yang masuk di halbar," jelasnya

"Kami upayakan tim yang sudah dibentuk ini bekerja maksimal dan kami harap masyarakat jangan panik dengan beredarnya informasi dari luar terkait covid19 karena informasi resmi ada di tim satgus penangan covid19 dan didukung dengan data hasil pantauan di lapangan. Harapan besar semoga Halmahera barat bisa terhindar dari covid19 maupun dari segala bentuk penyakit berbahaya lainnya," sambung Fien sapaan Akrab Jubir Satgus.

Sementara itu Kepala UPP Jailolo Rahman Soamole yang saat itu berada di tempat pemantauan juga menyampaikan sudah ada surat edaran terkait instruksi pencegahan masuknya covid19 di halbar kepada setiap kapal yang masuk melalui pelabuhan penyebarangan jailolo.

"Surat edaran ini akan kami sampaikan kepada semua kapal yang masuk di pelabuhan jailolo, terkhusus 3 kapal yang rutenya manado-jailolo yaitu permata obi, permata bunda dan al-sudais.

"Ini akan kami pertegas untuk mencegah masuknya covid19 dari luar halbar. Salah satu yang kami tekankan di surat edaran tersebut bahwa harusnya penyediaan masker bagi orang sakit dan pendamping orang yang sakit dan juga harus tersedianya air bersih di atas kapal. Apabila ada kapal yang tidak mengikuti himbauan yang sudah kami edarkan maka akan kami beri sanksi. Saya harap nahkoda maupun abk kapal bisa bekerja sama dengan baik karena ini kepentingan kita bersama." Tutup Rahman. (zu3)
Share:
Komentar

Berita Terkini