Rumor Telur Bisa Menyembuhkan Virus Corona, Ternyata Hoaks

Editor: Admin author photo
Foto: Ilustrasi 

MINSEL- Masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dihebohkan dengan isu tentang telur yang bisa menyembuhkan Virus Covid-19 atau Corona. Isu ini juga berkembang di telinga masyarakat desa Sapa, Kecamatan Tenga, melalui berita dari salah satu warga yang tinggal di Maluku Utara.

Muncul rumor yang menyebutkan bahwa ada Bayi yang baru lahir kemudian memberikan isyarat bahwa telur bisa menyembuhkan Virus mematikan ini, mengundang respon banyak orang.

Banyak yang tampaknya mempercayai rumor tersebut, Tak tanggung-tanggung masyarakat lantas berbondong-bondong mendatangi warung dan kios yang menjual telur dan kemudian diborong masyarakat.

"Torang dapa kabar dari Maluku, kalu ada anak yang baru lahir lantas berbicara kalau katanya telur bisa menyembuhkan virus corona," Ujar salah satu warga desa sapa yang tak mau namanya dipublikasikan.

Reaksi masyarakat tentang telur sebagai penangkal Virus Corona bahkan sampai disebarluaskan di sosial media.

Menyikapi rumor ini, Kapolres Minahasa Selatan AKBP. Bangun Widi Septo ketika di konfirmasi lewat via Whatsapp mengatakan bahwa rumor tersebut adalah hoaks.

"Rumor itu Hoaks, Masyarakat jangan gampang percaya dengan berita yang belum jelas adanya. Pelaku penyebar berita hoaks ini berada diluar Minsel dan sudah mengklarifikasinya. Sehingga kepada masyarakat kami berharap, Dalam kondisi seperti ini jangan membuat berita-berita yang hanya membuat masyarakat lain panik. Jika lantas ada masyarakat yang mencoba menyebarkan berita hoax, Maka kami akan tindaki," Tegas Kapolres, Kamis (26/03) Dini hari.

Foto: Klarifikasi Postingan Hoaks 


Ia menambahkan walaupun berita hoaks ini tak berbahaya terhadap tubuh, Namun sudah meresahkan masyarakat.

"Secara medis, Memang makan telur itu sehat bagi yang tidak ada penyakit kolesterol. Hanya saja janganlah bikin info yang aneh-aneh. Negara kita ini lagi berperang melawan Virus mematikan. Maka jangan membuat kepanikan kepada masyarakat. Kasian masyarakat harus bangun malam-malam hanya untuk nyari Telur, Masyarakat jangan panik berlebihan tapi tetap waspada dan jaga kesehatan," Tambahnya.

Diketahui bahwa rumor ini pertama berkembang disalah satu postingan akun Facebook atas nama 'Micheye Masela Fatlolona' yang tinggal di Maluku Dan Rudy Santoso Liu yang tinggal di Singkawang Kalimantan Barat. (Ir)
Share:
Komentar

Berita Terkini