Satu Orang di Kota Transito Positif Covid-19

Editor: Admin author photo
Konferensi Pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Maluku Utara
TERNATE- Satu orang pasien di Provinsi Maluku Utara (Malut) terkonfirmasi positif corona. Hal itu disampaikan dr. Rosita Alkatiri selaku juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di Wilayah Provinsi Maluku Utara melalui siaran persnya di Ternate, Minggu (23/03/2020).    

Menurut Rosita berdasarkan situasi dan perkembangan informasi pengelolaan data di pusat data dan informasi gugus tugas yang diperoleh dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Malut dan Dinas Kesehatan Kab/Kota serta KKP Kelas III Ternate bahwa jumlah orang dengan isolasi diri sendiri berjumlah 309 Orang, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 7 orang dan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 5 orang serta status kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 1 (satu) orang.

“ Status pasien tersebut sesuai hasil uji laboraturium dari spesimen yang dikirimkan ke Balai Laboraturium Jakarta pada tanggal 18 Maret 2020 dan hasilnya baru saja kami dapatkan tadi siang,” ujar Rosita.

Lanjut Rosita, dengan adanya status terkonfirmasi positif tersebut dengan identitas 01 dan seterusnya telah dilakukan stressing contact terhadap orang yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien tersebut.

“ Jumlah orang dengan isolasi mandiri terjadi peningkatan karena adanya upaya screaning di Dinas Kesehatan di lapangan dan anjuran untuk melakukan isolasi mandiri,” ungkapnya.

Rosita menambahkan kasus ODP tersebut terjadi penambahan yang ditemukan dalam screaning di pintu masuk pelabuhan dan pemeriksaan di fasilitas kesehatan.

“ Sementara upaya-upaya lain yang telah kami lakukan, yakni penyebaran media KHE tentang kewaspadaan dan upaya melindungi diri dari bahaya Covid-19, melakukan screaning di pintu masuk pelabuhan dan bandara serta anjuran isolasi mandiri bagi pendatang yang berasal dari daerah yang terinfeksi,” tukasnya.

Selain itu, Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas kesehatan yang menjalankan tugas penanganan Covid-19 akan dilengkapi, dan menyampaikan perkembangan terkini situasi Covid-19 di Provinsi Maluku Utara melalui media setiap hari.

“ Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Maluku Utara tetap tenang, tapi waspada, mari bersama lawan corona dengan berdiam diri di rumah. Lindungi diri, lindungi sesama, siap untuk selamat. Hindari menerima dan membagi berita tentang Covid-19 yang tidak di ketahui sumber kebenarannya,” tutup Rosita.

Kota Ternate yang memiliki lingkar luas 45 kilometer, sejak jaman bahuela telah dikenal sebagai kota transito. Kota yang familiar dengan pelabuhan-pelabuhan laut itu, tentu memiliki akses dari dan kemana saja. Untuk itu, dengan hadirnya Covid-19 di sana, maka warga setempat menjadi panik.

Sepanjang jalan di kota mungil yang dikelilingi laut itu, tampak lengang. Seluruh warga lebih memilih berdiam diri di rumah. Kini, pandemi yang mewabah dari negeri tirai bambu itu mengguncang kota transito.(tim)
Share:
Komentar

Berita Terkini