Sekda Halteng Resmi Membuka Acara FGD

Editor: Admin author photo
Foto: Istimewa

WEDA- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Halmahera (Halteng), Yanto M. Asri, secara resmi membuka acara Focus Group Group (FGD) yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Dan Parawisata Pemkab Halteng di Aula Darma Wanita Halteng. Kamis (5/03/ 2020).

Kegiatan FGD ini bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia beserta Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat. Guna  untuk Merevitalisasi Pakaian Adat Halmahera Tengah sebagai Bahan acuan bagi para generation penerus dalam Melestarikan Budaya Halmahera Tengah.

Menurut Sekda, pakaian adat merupakan pengekspresian identitas yang biasanya dikaitkan dengan wilayah geografis atau periode waktu dalam sejarah.

Karenanya, kata Yanto, pakaian adat juga dapat menunjukkan status sosial, perkawinan, atau agama dan juga untuk mewakili budaya atau identitas kelompok etnis atau suku bangsa tertentu, jelas Yanto.

Sekda mengingatkan, betapa pentingnya suatu identitas budaya dan kearifan lokal yang tersebar di kabupaten Halmahera tengah. Maka lewat kegiatan ini mewakili Pemkab Halteng meminta kepada dinas terkait bahwa suda saatnya kita mengembangkan destinasi wisata yang unggul dalam bidang perekonomian, ucapnya.

Terlepas dari itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Halteng, Husain Ali, menambahkan bahwa pariwisata menjadi suatu kegiatan yang cukup mendapat perhatian dari pemerintah, karena dampak terhadap perekonomian nasional.

“ Kedatangan wisatawan ke suatu daerah dengan tujuan Wisata, terutama wisatawan mancanegara, maka diharapkan akan mendatangkan devisa bagi daya tarik wisata,” tutupnya. (dir/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini