Tangani Covid-19, Pemkab Halbar Anggarkan Rp. 15 Miliar

Editor: Admin author photo
Sekkab saat d wawancarai awak media (foto:ist)

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) menetapkan jumlah anggaran dalam penaganan corona virus dengan sebesar Rp. 15 miliar.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Syahril Abd Radjak ketika dikonfirmasi, Kamis (26/3) menyatakan, anggaran penanganan corona virus yang ditetapkan sebesar Rp. 15 miliar itu, digeser dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan anggaran Dana Insintif Daerah (DID) sebesar Rp 8 miliar, sedangkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAU) yang digeser sebesar Rp 7 miliar, sehingga totalnya Rp. 15 miliar.

"Anggaran yang digeser itu, untuk menutupi kebutuhan penanganan corona virus tiga bulan ke depan," ungkapnya.

Mantan Kadis Keuangan Pemkab Halbar ini, menjelaskan pergeseran anggaran yang telah dialokasikan itu akan ditetapkan dalam anggaran mendahului perubahan, sehingga pencegahan dan penaganan corona virus bisa ditangani dengan baik.

"Prinsipnya kita akan berupaya semaksimal mungkin dalam penanganan corona virus, sehingga anggaran yang di alokasikan itu untuk pengadaan alat alat medis dan ADP serta kebutuhan lainnya dalam kurun waktu tiga bulan ke depan," katanya

Sekkab juga mengaku, dalam waktu dekat ini akan mengundang Kades dan Apdesi di masing-masing kecamatan untuk membicarakan pergeseran anggaran DD dalam penaganan Corona Virus dari tingkat desa.

"Jadi nanti dibicarakan apa saja yang bisa ditanggung di Desa, sehingga anggaran DD yang digeser sesuai kebutuhan di desa masing-masing," pungkasnya. (zu3-tim)
Share:
Komentar

Berita Terkini