UAD Gelar Kuliah Perdana Dan Orientasi Bagi Maba

Editor: Admin author photo
Foto bersama

YOGYAKARTA - Sebanyak 64 mahasiswa Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Matematika (MPMAT) Program Pascasarjana (PPs) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengikuti Kuliah Perdana dan Orientasi bagi mahasiswa baru (Maba) di Kampus 2 UAD, Jalan Pramuka 42, Sidikan, Yogyakarta.

Kegiatan ini diselanggarakan oleh Prodi MPMAT UAD untuk mengawali kuliah di semester genap tahun akademik 2019/2020 dan memperkenalkan kampus bagi mahasiswa baru, Sabtu (29/2/200).

Kuliah Perdana dan Orientasi bertema Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka itu dibuka oleh Direktur PPs UAD Prof. Dr. Achmad Mursyidi, M.Sc., Apt.

Dalam sambutan, Mursyidi memaparkan antara lain dengan dominannya mahasiswa putri maka ilmu mudah untuk disampaikan ke anak didik dikarenakan mahasiswa putri itu adalah ibu dan calon ibu.

Prof. Mursyidi juga menyampaikan akan manfaat ilmu yang didapat oleh mahasiswa baik manfaat dunia terlebih lagi manfaat akhirat.

Dr. Suparman, M.Si., DEA selaku Ketua Prodi MPMAT UAD dalam Orientasi Prodi memperkenalkan para dosen yang menggampu di Prodi MPMAT UAD.

Lanjutnya, Suparman menjelaskan mata kuliah yang akan ditempuh baik bagi mahasiswa lama ataupun bagi mahasiswa yang baru dengan total maksimal 40 SKS. Semester I sebanyak 17 SKS, Semester II sebanyak 15 SKS, dan Semester III sebanyak 8 SKS termasuk di dalamnya Tesis.

Menurut Suparman, penyebab mahasiswa lama lulusnya bukan karena lama menyelesaikan teorinya.

"Mahasiswa umumnya bisa menyelesaikan teori tepat waktu, namun tidak diikuti dengan menyelesaikan tesisnya tepat waktu. Prodi MPMAT UAD yang terakreditasi B ini memiliki kiat khusus agar para mahasiswa dapat menyelesaikan Tesis tepat waktu," paparnya.

"Mahasiswa S2 harus memiliki pemikiran inovatif dan sifat adaptif terhadap kebijakan yang ada, khususnya dalam mengimplementasikan merdeka belajar. Diterangkan oleh Suparman, biaya kuliah Prodi MPMAT UAD sudah termasuk kegiatan studi banding ke tiga negara, yaitu: Singapura, Thailand, dan Malaysia," sambungnya.

Sementara itu Prof. Dr. Dwi Sulisworo, MT, Wakil Direktur PPs UAD. Prof. Dwi Sulisworo yang sekaligus dosen MPMAT UAD ini menyampaikan makna merdeka belajar dan kampus merdeka.

“Kampus merdeka memberi keleluasaan melakukan inovasi dan membangun karakter dengan jiwa merdeka," ujarnya.

Dwi Sulisworo, mengingatkan ilmu apapun senantiasa berkembang dan tantangan semakin kompetitif, maka penguasaan skill perlu ditingkatkan termasuk penguasaan teknologi informasi dan komunikasi," tutupnya. (Ady).
Share:
Komentar

Berita Terkini