Wartawan Kepsul Ikut Perangi Corona

Editor: Admin author photo
Foto bersama para wartawan 

SANANA- Sejumlah Wartawan di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Peduli  Covid-19 (AJPC), semangat gotong royong dalam mengahadapi wabah virus corona yang tengah melanda Tanah Air.

Hal ini diwujudkan dengan aksi penyemprotan disinfektan di lingkungan warga Desa Fukweu, Kecamatan Sanana Utara, guna menekan penyebaran Covid-19.

Tak hanya itu, sejumlah jurnalis ini juga memberikan edukasi terkait pencegahan, penyebaran virus corona (Covid-19) kepada masyarakat setempat.

Kendati berbekal alat seadanya, tak menyurutkan semangat mereka memberantas virus, bakteri dan kuman di pemukiman warga.

Perwakilan jurnalis Kepsul, Aswad Pawah mengatakan, kegiatan dilakukan sebagai bentuk kepedulian insan pers terhadap masyarakat. Menurutnya, Pencegahan virus corona bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi bersama.

"Wartawan bukan hanya mengabarkan tentang perkembangan virus corona di Kepulauan Sula, tetapi kami juga siap untuk turun lapangan untuk melakukan penyemprotan disinfektan dan memberikan edukasi terkait pencegahan kepada masyarakat", katanya. Senin (30/03/20)

Dalam pelaksanaanya, Wat, sapaan akrab Aswad, mengaku tak ada kendala berarti. Hanya, ia merasa khawatir dengan warga ketika kami melakukan penyemprotan di Desa Fukweu ada yang keluar rumah untuk menyaksikan kegiatan kami.

Namun, pihaknya telah memberitahukan warga agar tak berkumpul atau jangan dulu keluar rumah, sesuai anjuran pemerintah agar menerapkan social distancing atau menjaga jarak satu sama lain dan beraktivitas diluar rumah, terang Aswad.

Ia dengan Wartawan di Kepulauan Sula lainnya berkomitmen penuh untuk membangun solidaritas bersama tentang pemberian informasi virus corona ke masyarakat.

"Saya mengajak teman-teman wartawan di Kepsul untu bersama-sama membangun solidaritas dan menjaga kesadaran diri bahwa virus corona bukan menjadi persoalan pemerintah saja, tapi bersama, terutam media," kata Aswad.

Ia juga berharap, dengan edukasi yang telah diberikan kepada masyarakat dalam menyampaikan informasi jurnalis melakukan sesuai dengan kaidah jurnalistik dan tidak menebarkan ketakutan dan kecemasan kepada masyarakat serta mudah-mudahan wabah ini segera berlalu, harap Aswad. (red)
Share:
Komentar

Berita Terkini