BPS Halteng Perpanjang Sensus Penduduk Hingga Akhir Mei

Editor: Admin author photo
Foto: Kepala BPS Halteng Iwan Fajar
WEDA- Pengumpulan data sensus penduduk secara online semula ditetapkan berakhir pada tanggal 31 Maret  lalu. Tetapi, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) kembali memperpanjang sensus penduduk hingga tanggal 29 Mei 2020 mendatang.

Menurut Kepala BPS Kabupaten Halteng, Iwan Fajar, menyampaikan secara umum sensus penduduk itu dilakukan 10 tahun sekali, karena ada pula sensus penduduk pertanian dan sensus penduduk ekonomi. Itu sebabnya, kegiatan pengumpulan data sensus penduduk dilakukan 10 tahun sekali.

" Jadi sensus penduduk itu mendata secara keseluruhan, dan di antara sensus tersebut ada bermacam-macam survei terkait dengan soal pertanian dan ekonomi,” tutur Kepala BPS Halteng, Iwan Fajar, kepada wartawan nusantaratimur.com diruang kerjanya, Senin (20/04/2020).

Lanjut Iwan, tahun ini BPS mencoba untuk menerapkan inovasi secara umum dengan menggabungkan data dengan metode komunikasi.

” Jadi tahun ini kita bekerjasama dengan Dirjen Penduduk dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri untuk menggunakan data mereka sebagai data awal atau brealis dan data mereka kita jadikan sebagai dasar untuk sensus penduduk,” tutur Iwan.

Iwan menjelaskan sensus penduduk ada dua tahapan, yakni sensus penduduk online dan wawancara. Kalau sistem online sudah dilaksanakan sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020, tetapi saat ini sensus penduduk telah di perpanjang sampai tanggal 29 Mei 2020.

" Kenapa kita menggunakan sensus penduduk online, karena masih ada banyak orang yang susah kita temukan, sehingga kita berikan secara online untuk bisa memudahkan masyarakat dan membantu kami dalam pengumpulan data penduduk,” kata Iwan.

Kepala BPS Halteng menambahkan, apalagi pemahaman masyarakat soal internet saat ini begitu bagus sehingga target utama BPS  untuk melakukan sensus penduduk online.

“ Setelah sensus penduduk online nanti di cek kembali yang sudah terdata, kalau belum terdata akan dilakukan sensus penduduk wawancara. Rencana sensus penduduk wawancara akan dilaksanakan bulan juli,” tutupnya.(dir/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini