Cegah Corona Pemdes Kawalo Akan Salurkan Bantuan ke Masyarakat

Editor: Admin author photo
Kades Kawalo, Kiswanto Umasangadji, ketika mendata warganya yang akan diberikan bantuan oleh Pemdes Kawalo (foto/ari)
TALIABU-Pemerintah Desa (Pemdes) Kawalo, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), melakukan pemantuan dan pendataan terhadap masyarakat setempat guna untuk pemberian bantuan.

Kepala Desa Kawalo, Kiswanto Umasangdji, mengatakan kebijakan ini sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Kementerian Desa (Kemdes), PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia terkait penggunaan dana desa untuk penguatan kesehatan masyarakat melalui pencegahan dan penanganan virus corona.

  Tadi kami sudah turun ke lapangan memantau dan mendata masyarakat,” ucap Kiswanto Umasangadji kepada media ini, Senin (06/04/2020).

Kiswanto menambahkan bahwa pendataan ini bertujuan agar kebutuhan masyarakat bisa kita tahu dan disesuaikan dengan bantuan yang ingin kita diberikan.

"Jadi lewat pendataan ini kita bisa tahu kondisi masyarakat agar kebutuhan mereka terpenuhi, mana yang sudah lansia, kebutuhan ibu-ibu hamil dan gizi untuk bayi balita agar  bantuan yang di sediakan sekiranya tepat sasaran,” ujar Kiswanto.

Lebih lanjut Kades menjelaskan untuk bantuan yang nanti diberikan ke masyarakat. Bukan hanya obat-obatan, tapi pihaknya juga telah merencananakan tinggal nanti pencairan Dana Desa baru semuanya bisa disalurkan.

“ Selain obat-obatan ada pula bantuan sembako nanti yang kita salurakan, termasuk suplai gizi melalui makanan tambahan, agar kesehatan masyarakat tetap terjamin di tengah mewabahnya penyakit corona virus ini, ungkapnya.

Kiswanto menegaskan bantuan ini di prioritaskan untuk yang Lanjut Usia (Lansia), ibu-ibu hamil dan bayi. Warga yang lainnya juga akan diberikan  suplemen vitamin agar daya tahan tubuh tetap sehat.

"Kami juga akan memberikan vitamin kepada masyarakat sesuai himbauan pemerintah, agar kondisi tubuh mereka tetap sehat,” pungkasnya.

Kades Kawalo ini berharap bantuan yang di berikan nantinya dapat membantu masyarakat dalam mencegah penyebaran virus corona ini.

“ Semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga Kawalo, jangan di lihat jumlahnya. tapi bagaimana yang di berikan dapat di manfaatkan sebaik-baiknya, agar wabah corona virus ini tidak masuk dan menjangkiti warga desa kami,” tutupnya. (Ari/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini