Fraksi PDIP Usul Agenda Perjalanan Dinas Dihentikan Sementara

Editor: Admin author photo
Ahmad Laiman (Ketua F-PDIP DPRD Kota Tidore Kepulauan
TIDORE- Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) DPRD Kota Tidore Kepulauan mengusulkan kepada pimpinan dewan  untuk sementara waktu melakukan penghentian terhadap agenda perjalanan dinas, baik dalam daerah maupun luar daerah.

“ Alasan Fraksi PDIP mengusulkan kepada DPRD untuk menghentikan perjalanan Dinas agar anggaran tersebut bisa digeser untuk penanganan COVID-19,” ungkap Ketua Fraksi PDIP Kota Tikep, Ahmad Laiman, kepada wartawan media ini, Senin (07/04)2020).

Lanjut Laiman, jika terdapat hal yang bersifat sangat penting dan mendesak, maka diperbolehkan hanya untuk Ketua DPRD atau Ketua-Ketua Komisi.

"Kami berharap dari anggaran perjalanan dinas bagi anggota DPRD ini bisa digeser 50 persen untuk penanganan COVID-19. Jika kalau ada agenda dengan jarak yang jauh maka bisa dilakukan teleconference, mengingat saat ini juga sudah berkembang teknologi sehingga tinggal dimanfaatkan agar dapat menghemat anggaran,” ucap Laiman.

Mantan Ketua DPC PDIP Kota Tikep ini mengatakan bahwa, selain agenda perjalanan dinas. Fraksi PDIP juga mengusulkan terkait dengan penghentian agenda reses yang mengumpulkan banyak orang. Pasalnya, dengan situasi saat ini untuk agenda mengumpulkan banyak orang belum diperbolehkan. Dengan begitu, anggaran Reses dapat digeser untuk penanganan COVID-19.

"Kalau DPRD mau melakukan reses maka tinggal turun ke kelurahan untuk meminta data hasil Musrenbang, guna dilakukan penyesuaian kebijakan. jadi DPRD tinggal mengawal hasil musrembang yang telah diusulkan masyarakat di tingkat kelurahan,” ujarnya.

Usulan fraksi PDIP ini, jika belum bisa diakomodir oleh DPRD secara institusi akibat perbedaan pandangan melalui fraksi-fraksi. Bagi Laiman, Fraksi PDIP tetap bersikap untuk tidak melakukan perjalanan dinas, karena sikap tersebut merupakan instruksi langsung dari DPP PDIP.

"Kalau pada saat rapat nanti dan usulan kami belum bisa diakomodir, kami dari PDIP tidak akan melakukan perjalanan dinas, karena dengan melihat kondisi saat ini sudah seharusnya kita melakukan penghematan anggaran untuk penanganan Covid-19," tegasnya. (Aidar)

Share:
Komentar

Berita Terkini