Jubir COVID-19 Halbar: Hasil Rapid Test Satu Orang Terindikasi Positif Corona

Editor: Admin author photo
Foto: Tim Satgus COVID-19 Kabupaten Halbar
JAILOLO – Tim Satuan Gugus (Satgus) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) akan melakukan pemeriksaan menggunakan Rapid Test kepada warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Hal itu dikatakan juru bicara (Jubir) Satgus COVID-19 Halbar, Chuzaemah Djauhar, ketika di konfirmasi wartawan ini, Senin (06/07/2020).

Menurut Chuzaemah Djauhar, saat ini tim medis sudah melakukan pemeriksaan menggunakan Rapid Test terhadap tiga orang warga berstatus ODP.  Dari tiga orang yang dilakukan tes tersebut terdapat satu orang terindikasi positif COVID-19, sehingga tim medis akan melakukan pemeriksaan lanjutan dengan cara pemeriksaan Swab Tenggorokan untuk memastikan warga tersebut benar-benar positif COVID-19.

"Rapid test tidak bisa dijadikan acuan seseoran positif COVID-19. Karena Rapid Test hanya mengukur antibody yang mengarah kepada seseorang yang terinfeksi COVID-19,” ucap Jubir.

Chuzaemah menambahkan sesuai data dari Posko COVID-19 yang ter update Senin (6/4), warga yang telah melakukan karantina mandiri sebanyak 750. Sedangkan, warga yang berstatus ODP 16 orang dan PDP nihil.

Lanjut Jubir, untuk warga dengan status ODP selesai pemantauan sebanyak 2 orang dan karantina mandiri yang sudah selesai dilakukan pengawasan sebanyak 87 orang.

“ Prinsipnya, tim gugus tetap melakukan pemantauan secara maksimal, jika warga merasa ada gejala batuk dan pilek segera melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas atau pos kesehatan yang sudah ditetapkan di Desa," ucap Chuzaemah. (zu3/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini