Jumlah Positif Corona di Maluku Utara Bertambah 26 Orang

Editor: Admin author photo
Jubir Alwia Assagaf
TERNATE- Update terkini perkembangan kasus Corona Virus Diesase (COVID-19) di Provinsi Maluku Utara mengalami peningkatan secara signifikan.

Hal itu berdasarkan hasil pengolahan data di pusat data dan informasi Tim Satuan Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Maluku Utara, Minggu 26  April 2020.

Sesuai data jumlah orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 343 orang, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 215 orang, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 11 orang.

Sementara status kasus terkonfirmasi positif COVID-19. Menurut Jubir Tim Satgas Percepatan penanganan COVID-19 Provinsi Maluku Utara, Alwia Assagaf, mengatakan pada hari ini tim satgas telah menerima hasil laboratirium dari  BBLK Makassar yang sebelumnya telah dikirimkan sebanyak 24 spesmen.

Lanjut Alwia, dari  22 spesimen baru dan 2 spesimen follow up hasil pengobatan yang sudah di terima saat ini sudah menerima hasil pemeriksaan dengan rincian hasil, yakni yang terkonfirmasi positif sebanayk 12 orang dan Yang negatif 10 orang.

“ Maka jumlah kasus terkonfirmasi Positif COVID-19 di Provinsi Maluku Utara sampai hari ini menjadi 26 orang. Selanjutnya kasus baru ini kami sebut sebagai kasus 15 sampai dengan kasus 26,” ucap Alwia Assagaf, kepada wartawan melalui konferensi pers di Sahid Hotel Ternate, Minggu (26/04/2020).

Alwia menambahkan, untuk 2 spesimen follow up hasil pengobatan pasien 03 dan  04 yang dikirimkan dan hasil pasien 04 sudah di nyatakan hasil negatif atau sembuh.

“ Total kasus sembuh sudah menjadi 3 orang, untuk pasien 03 hasil pemeriksaan masih positif, jumlah orang tanpa gejala (OTG) adanya peningkatan sebanyak 43 orang hasil dari tracking kontak pasien terkonfirmasi positif,” ujarnya.

Masih kata Alwia, sebelumnya untuk kasus ODP terjadi pengurangan hari ini sebanyak 10 orang secara kumulatif, hal dikarenakan telah selesai masa pemantauan selama 14 hari serta menjadi pasien terkonfirmasi.

Sementara itu, untuk kasus PDPadanya pengurangan sebanyak 3 orang disebabkan adanya peningkatan status menjadi pasien terkonfirmsi positif.

“ Untuk pemeriksaan rapid test sampai dengan hari ini telah dilaksanakan pemeriksaan kepada 1286 orang, dan didapatkan hasil 86 orang reaktif yaitu 34 OTG, 26 ODP, 2 PDOP dan 19 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit, sedangkan 1200 orang dengan  Hasil rapid test non reaktif,” jelasnya.

Lanjutnya, pada saat ini yang sementara dirawat di RSUD Chasan Boesoirie Ternate sebanyak 12 kasus positif covid-19 (termasuk 1 konfirmasi demak), serta 1 orang kasus PDP.

“ Untuk menjalankan karantina di Sahid Hotel sebanyak 27 OTG, 23 ODP, 9 PDP, dan 3 pelaku perjalanan,” tutupnya. (ric)
Share:
Komentar

Berita Terkini