Kartu Prakerja Gelombang Ke-2 Dibuka, Bupati Minsel Kembali Ajak Masyarakat Daftarkan Diri

Editor: Admin author photo
Foto: Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, SE

MINSEL- Melihat tingginya antusiasme calon peserta pada periode pendaftaran gelombang pertama, pemerintah siap membuka gelombang kedua pendaftaran Kartu Prakerja.

"Gelombang kedua dibuka sejak Senin 20 April sampai dengan Kamis, 23 April," ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet pada Jumat 17, April 2020 kemarin.

Saat ini, pemerintah telah menyelesaikan pendaftaran gelombang I yang berlangsung sejak 11-16 April. Airlangga mengungkapkan jumlah peserta yang mendaftar mencapai 5,96 juta orang.

Dari jumlah tersebut, peserta yang lolos verifikasi melalui e-mail sebanyak 4,42 juta orang. Kemudian, jumlah pendaftar yang sudah diverifikasi berdasarkan nomor induk kependudukan (NIK) sebanyak 3,29 juta.

Editor Foto: Humas Pemkab Minsel


Meneruskan himbauan ini, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu (CEP), Kembali mengajak masyarakat agar segera mendaftarkan dirinya dalam program kartu prakerja.

“Bagi para pendaftar tidak lolos pada tahap pertama, bisa kembali mendaftarkan di tahap kedua, jadi otomatis diajukan ke penerimaan tahap kedua," Ajak CEP, Senin (20/04).

CEP juga memaparkan tentang keuntungan kartu prakerja, yakni memberikan kursus bagi para pesertanya tanpa perlu membayar.

"Sejatinya, pelatihan-pelatihan yang diselenggarakkan mitra di Kartu Prakerja dikenakan biaya, namun di program ini biaya pelatihan ditanggung oleh pemerintah, sehingga masyarakat yang menjadi peserta tak perlu membayar atau gratis untuk ikut pelatihan atau kursus yang ada," paparnya.

Di tengah ketidakpastian ekonomi terkait pandemi Covid-19, Pemerintah berharap program Kartu Prakerja dapat membantu tenaga kerja untuk meningkatkan keterampilan melalui pelatihan online maupun offline.

"Kartu Prakerja tidak hanya bisa diikuti oleh 'fresh graduate' atau mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga para buruh, karyawan dan pegawai. Sehingga ini peluang besar yang pemerintah sediakan untuk masyarakat ditengah pandemi corona ini," tutupnya.

Seperti diketahui, untuk cara daftar Kartu Prakerja bisa dilakukan secara online di laman www.prakerja.go.id. Syarat Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal. (Ir)
Share:
Komentar

Berita Terkini