Pandemi Corona, MUI Minsel Imbau Masyarakat Sholat Tarawih di Rumah

Editor: Admin author photo

Foto: Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Minsel 
H. Ishak Ahmad
MINSEL- Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menghimbau umat Islam di Indonesia untuk melaksanakan sholat Tarawih di rumah masing-masing, selama kondisi wabah virus Corona atau Covid-19. Kondisi itu akan membantu mencegah penyebaran wabah.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh mengatakan, sholat Tarawih di rumah saat bulan Ramadhan tahun ini, atau 1441 Hijriah tidak mengurangi sedikitpun ketaatan kepada Allah maupun esensi syiar Islam.

"Mari kita bersama-sama membangun kebiasaan baru dalam pelaksanaan ibadah, menyesuaikan dengan kondisi pandemik yang kita alami dewasa ini. Kita jadikan rumah sebagai pusat kegiatan ibadah," kata Asrorun dalam konferensi pers beberapa hari yang lalu.

Meneruskan hal ini, Maka MUI Minsel mengajak kepada masyarakat agar menyesuaikan kegiatan ibadah di masjid saat bulan Ramadan dilakukan di rumah masing-masing.

Ketua MUI Minsel H. Ishak Ahmad mengatakan, di tengah pandemi Corona yang melanda Indonesia, masyarakat muslim di Minsel harus mengubah kebiasaan baru. Termasuk beribadah dengan menyesuaikan diri saat pandemi.

"Kami sudah melakukan konsolidasi melalui Vicon bersama Kementrian Agama, Ketua NU Minsel, Kapolres Minsel, Para KUA se-Minsel dan para Imam se-Minsel guna membahas tentang pelaksanaan ibadah sholat tarawih. Dalam rapat konsolidasi ini tentunya kami dari MUI tinggal meneruskan putusan Fatwa MUI tentang ditiadakannya sholat tarawih di Masjid selama pandemi Corona ini," jelasnya Selasa (21/04).

Ketua MUI juga mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Polres Minsel untuk membantu melakukan pengawasan terjangkau di Masjid-masjid yang ada di Minsel.

"Keputusan Fatwa MUI ini, tentu untuk kebaikan kita semua. Dalam bulan ramadhan kali ini, tanpa meniadakan kewajiban maka pada situasi saat ini, mari kita jadikan rumah sebagai tempat ibadah. baik ibadah mahdhah, dan juga ibadah ghairu mahdhah," tutupnya. (Ir)

Share:
Komentar

Berita Terkini