Pemda Taliabu Gelar FPD dan Musrenbang RKPD

Editor: Admin author photo
Foto: Ist
TALIABU -  Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) melaksanakan pembukaan Forum Perangkat Daerah (FPD) dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2021. 

Kegiatan FPD dan Musrenbang tersebut pun di hadiri Asisten I Setda Pemda Pultab, Ahmad Siliwani, Kepala Bappeda, H. Samsudin Ode Maniwi dan Pimpinan SKPD beserta Camat se- Kabupaten Pultab, Kamis (2/4/2020).

Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus, dalam sambutannya  yang dibacakan Ahmad Siliwane mengatakan  kegiatan FPD dan Musrenbang Kabupaten setiap tahun dilaksanakan secara rutin sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

"Penyelenggaraan musrenbang secara berjenjang dari tingkat Desa, Kecamatan sampai Kabupaten merupakan kegiatan musyawarah yang mempertemukan Pemerintah Daerah dengan pihak-pihak berkepentingan, guna mewujudkan kesamaan dan persepsi dalam merumuskan program dan kegiatan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ucap Siliwane. 

 Siliwane menambahkan bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD telah ditetapkan tema sentral pembangunan 2021 oleh Bappeda Kabupaten Pulau Taliabu, yakni Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Dan Kualitas Sumberdaya Manusia, Untuk Mewujudkannya Pemerataan Pembangunan Dan Kemandirian Daerah.

 "Tema ini memberikan gambaran tentang rencana pembangunan Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu Tahun 2021, diantaranya lanjutan Pembangunan Jalan Lingkar Taliabu dengan panjang 466.60 Km, Penyelesaian Pembangunan Kantor Bupati Kabupaten Pulau Taliabu Dan Kantor DPRD Kabupaten Pulau Taliabu, Dan Pembangunan Bandar Udara Pulau Taliabu," Jelasnya

Dia juga berharap kepada seluruh Pimpinan OPD dan Para Camat dilingkup Pulau Taliabu agar serius dalam mengikuti kegiatan Musrenbang RKPD serta menekankan terkait dua hal pokok yang perlu diperhatikan.

"Pertama, saya mengharapkan kesadaran dan keseriusan para peserta dalam mengikuti Kegiatan Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD ini dapat menjadi kesepakatan FPD dan Musrenbang RKPD yang akan disusun menjadi bahan bagi penyusunan kebijakan Tim Anggaran pada Rancangan APBD Kabupaten Pulau Taliabu Tahun 2021 yang akan datang,” tegasnya.

Kedua, saya sungguh memahami bahwa usulan setiap Desa dan Kecamatan, tentunya mempunyai pokok permasalahan yang berbeda. Untuk itu, perlu dibahas dan dipilah, sehingga nantinya dapat disepakati bersama kegiatan-kegiatan prioritas untuk menjawab permasalahan pokok di suatu Desa dan Kecamatan, ucap Siliwane. (Ari)

Share:
Komentar

Berita Terkini