UN Ditiadakan, Dispendikbuk Kepsul Bakal Tindak Lanjuti Edaran Mendikbud

Editor: Admin author photo

Ishak Umamit (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Kepsul) 
SANANA-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) menyambut baik langkah Pemerintah meniadakan Ujian Nasional (UN) tahun 2020 ditengah merebaknya Virus Corona Disease (COVID-19).

Hal itu dikatakan Kepala Dispendikbud Pemkab Kepsul, Ishak Umamit, bahwa Ujian Nasional (UN) telah ditiadakan, hal itu tersebut mengacu pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Pelaksana Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19. Baginya, setuju UN ditiadakan karena hal itu penyelamat terhadap anak didik itu yang paling utama.

"Tentunya kebijakan tersebut bukan tanpa alasan, mengacu pada surat edaran Mendikbud yang melihat situasi penyebaran Virus Corona yang kian mengkhawatirkan. Bahkan, kegiatan belajar siswa pun dilaksanakan di rumah", ungkapnya.

Kata Ishak, Untuk kelulusan siswa akan di kembalikan kepada sekolah masing-masing. Kelulusan jenjang SD/MI/ sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir, yakni kelas 4, kelas 5 dan kelas 6.

“ Nilai semester genap kelas 6 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan sedangkan kelulusan jenjang SMP/MTS sederajat ditentukan berdasarkan nilai 5 semester terakahir. Sedangkan, nilai semester genap kelas 9 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan,” jelas Ishak Umamit kepada awak media ini, Kamis (17/04/2020).

Lanjut Ishak, untuk memantau kegiatan belajar di rumah sebagai mana yang diharapkan seluruh kepala sekolah dan guru diminta membimbing dan memantau aktivitas siswanya.

Bahkan, dia berharap para orang tua selalu memperhatikan anak-anaknya sehingga tidak bermain diluar rumah, membatasi aktivitas bertemu orang banyak, dan tetap belajar serta mengerjakan tugas-tugas dari guru.

"Harapan kita tentunya agar wabah corona ini segera berakhir dan kegiatan sekolah pun bisa kembali normal,” imbuhnya.(di/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini