Bupati Halteng: Kades Yang Tak Memberikan Bantuan Akan Dihukum

Editor: Admin author photo


Bupati Halteng Edi Langkara

WEDA-Bupati Halmahera Tengah (Halteng), Edi Langkara, memperintahkan kepala desa (Kades) bagi yang belum melakukan pembagian Anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp. 100 juta untuk pengadaan beras di tengah wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) agar segera dilaksanakan.

“ Pada prinsipnya Pemkab Halteng memerintahkan Kades agar mengunakan ADD sebesar Rp. 100 juta, untuk pengadaan beras  dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 ini,” tutur Edi.

Lanjut Bupati, dirinya akan mengkroscek apakah sudah ada Kepala Desa yang memberikan  bantuan atau belum.

 Jadi anggarannya itu ada, tapi kepala desa saja yang terlambat membuat laporan, silahkan cari solusi misalnya, buat perjanjian dengan pengusaha dengan presentase anggaran 100 juta itu bisa dapat berapa ton beras,   kalau sudah berhasil buat laporan ke kabupaten untuk segera di lakukan pengembaliannya,” tutur Bupati Edi Langkara, ketika memberikan sambutan pada penyerahan Bantuan Bansos, Rabu (06/05/2020).

Edi Langkara menegaskan dengan situasi masyarakat seperti ini  diharapkan agar para kepala desa lebih jelih melihat kondisi masyarakat.  

"Ini perintah resmi dari Bupati dan Wakil Bupati,  jika kalian tidak jalankan,  berarti melanggar perintah dan akan dihukum," tegas Bupati. 

Bupati Halteng menambahkan, kalau format Rancangan Kerja (RK) tidak ada, maka segera datang ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk melakukan penyesuaian jangan ditunda-tunda.

"Jangankan alokasi dana desa. Bahkan  APBD saja kita diarahkan oleh pemerintah pusat untuk melakukan penguatan ekonomi dan kesehatan. dengan merevisi 50 persen anggaran,” ujarnya.

Dengan kondisi darurat bencana, tak ada satu pun yang berhak menahan anggaran. “ Jadi saya harap kepala desa berpikir yang jernih,” ucap Edi Langkara dengan tegas.

Di akhir sambutan Bupati Halteng, pihaknya berharap bantuan tersebut muda-mudahan dapat membantu masyarakat di tengah kondisi wabah Covid-19 yang mebatasi hubungan masyarakat,  semoga bantuan ini di terima dengan hati yang ikhlas, tutupnya. (dir)

Share:
Komentar

Berita Terkini