Empat Orang Penjual Pakaian di Pasar Basanohi Positif Corona

Editor: Admin author photo

Conference Pers  Tim Guguas Tugas COVID-19 Kabupaten Kepsul (Foto/Suhardi)
SANANA- Empat orang dinyatakan positif virus corona adalah penjual pakaian di Pasar Basanohi Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara.

Hal itu berdasarkan hasil uji specimen di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas II Ambon Provinsi Maluku.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemkab Kepsul, dr. Makmur Tamani, mengatakan empat pasien positif COVID-19, ketika di jemput langsung sekitar pukul 03.00 WIT. Ada keluarga pasien sempat sedikit kesal, pada saat Tim Gugus Tugas mendatangi rumah pasien.  

“ Memang keluarga pasien positif Covid-19 ini merasa terpukul, bahkan ada yang menangis, tetapi keluarga pasien juga mengikhlaskan untuk mereka harus dikarantinakan,” tutur Makmur.

Kendati demikian, Tim Gugus Tugas menjelaskan kepada keluarga pasien apa yang kita lakukan ini sesuai protap kesehatan, guna untuk melindungi keluarga pasien.

Akan tetapi, ketika diberikan penjelasan tentang cara pencegahan dan penanganan COVID-19 kepada keluarga pasien.

“ Alhamdulillah mereka pun menerima dan siap kerja sama dengan Tim Gugus Tugas,” ujar Makmur.

Usai melakukan penjelasan terhadap keluarga pasien. Empat pasien positif corona virus kemudian dibawakan ke tempat karantina, yakni SMP Negeri 1 Sanana.

Empat orang yang dinyatakan positif COVID-19. Hal itu berdasarkan hasil pengajuan dan penyampaian sampel atas 10 warga Sula yang reaktif sesuai pemeriksaan Rapid Test.

Maka  Tim Gugus Tugas COVID-19 Pemkab Kepsul, meminta bantuan melalui BTKL-PP Ambon untuk melakukan pemeriksaan lanjutan antara uji hasil laboratorium dan hasilnya sebagai berikut :

1. Penyampaian sampel Selasa, 5 Mei 2020
2. Tanggal Pembacaan Jumat 8 Mei 2020
3. Metode pemeriksaan mengunakan PCR
4. Hasil pemeriksaan sampel 10 orang, 6 orang berstatus negatif, dan 4 orang        positif. 

Share:
Komentar

Berita Terkini