Bentuk Toleransi, Ormas Kristen Ucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa dan Menyambut Idul Fitri

Editor: Admin author photo
Foto: Ketua LMI Kabupaten Minsel Tommy Pantow (kiri) dan Ketua FKUB Minsel Pdt. Lucky Paulus Tumbelaka (kanan)

MINSEL- Saat ini Umat Muslim di seluruh dunia sementara melakasanakan perayaan Ibadah Puasa 1441 Hijriah. Namun puasa kali ini dirasa berbeda dengan puasa sebelumnya, hal ini lantaran adanya wabah Virus Corona (Covid-19) yang melanda hampir seluruh negara yang ada di dunia. Diprediksi bahkan untuk perayaan idul fitri pun demikian.

Hal ini sehingga mendorong seluruh Elemen Bangsa, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) prihatin dengan kondisi demikian.

Dukungan dan perhatian disampaikan oleh Tonaas Laskar Manguni Indonesia (LMI) Minsel, Tommy Pantow. kepada media ini, ia mengatakan prihatin dengan keadaan sekarang. Terlebih umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

"Saat ini hampir semua negara sedang menghadapi bencana non alam yaitu pandemi covid 19, yang lebih memprihatinkan yaitu umat muslim. Mereka harus menjalankan ibadah puasa ditengah pandemi saat ini. Olehnya
tentunya tidak mengurangi rasa kebersamaan dan menghargai satu sama lain. Kami dari LMI Kabupaten Minsel, mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal-Faizin, mohon maaf lahir dan batin kepada umat muslim. Semoga bisa melewati ujian ini dengan penuh hikmah," ucapnya..

Menurutnya, hal ini merupakan budaya luhur,manifestasi kebersamaan, kekeluargaan dan toleransi yang perlu terus dijaga, dirawat, serta bersama sama bangkit melawan Corona.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Minsel Minsel Pdt Lucky Paulus Tumbelaka, MTh, Ia mengatakan bahwa pada perayaan hari raya Idul Fitri bagi seluruh umat islam merupakan hari suka cita atas kemenangan dalam berpuasa menahan makan, minum dan hawa nafsu selama bulan puasa dan tentunya juga menjadi hari kebahagiaan bersama bagi umat beragama lainnya di tengah pandemi saat ini.

"Untuk itu semua umat beragama yang ada, tentunya harus menghargai ibadah yang dilaksanakan oleh umat Islam, dan saling tenggang rasa serta saling menyayangi guna terjalinnya silahtuhrami yang baik antara umat muslim maupun non muslim. Untuk itu saya mengajak kepada seluruh umat non muslim, mari Kita sampaikan 'Selamat Menunaikan Ibadah Puasa dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H', Mohon Maaf Lahir dan Batin," Ucapnya. (Ir)
Share:
Komentar

Berita Terkini