Kapal Penumpang di Larang Masuk Ke Pelabuhan Kedi

Editor: Admin author photo
PHOTO : Sekda Halbar H. Syahril Abd Rajak saat Menyerahkan APD Kepada Camat Kecamatan Loloda, Aman Syamsudin 

JAILOLO- Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) percepatan penaganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Kecamatan Loloda, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menghentikan aktifitas kapal dari luar daerah.

Hal ini disampaikan Camat Loloda, Aman Syamsudin, ketika menerima kunjungan Tim Satgas COVID-Halbar bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) di posko Covid-19 Desa Kedi.

“ Kapal penumpang dari daerah luar, tidak di perbolehkan lagi masuk ke pelabuhan Kedi loloda. Bahkan aktifitas jalur darat dari Desa Bakun Pantai menuju Desa Roko Kabupaten Halut juga sudah kita hentikan, namun yang diijinkan hanyalah tranpotasi yang membawa sembako atau barang penting lainnya,” ungkap Aman Syamsudin kepada wartawan, Selasa (05/05/2020).

Aman juga menyarankan kepada tim Satgus Kabupaten agar mengurangi penumpang angkutan darat yang mengikuti mobil, contohnya mobil yang biasanya mengankut penumpang dengan kapasitas 6 orang harus di kurangi menjadi 4 orang.

”Jadi pembatasan jumlah penumpang juga harus dilakukan, karena kalau jumlah penumpang 6 orang dipastikan akan berdempetan di dalam mobil, sehingga penularan virus bisa saja terjadi,”cetusnya.

Sementara Sekretaris tim Satgus Kabupaten Syahril Abduradjak menyampaikan, Satgas akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) agar segera melakukan pengurangan penumpang mobil angkutan dalam daerah, sehingga penumpang yang berada dalam mobil juga bisa mengatur jarak antara satu penumpang dan penumpang lainnya.

”Penertiban kapasitas penumpang harus dilakukan, sehingga para penumpang juga bisa mengatur posisi ketika berada di mobil,”katanya.

Sekkab Halbar ini berharap seluruh komponen bisa bersama-sama memutus mata rantai menyebaran Covid-19 di halbar, karena pemutusan mata rantai Covid-19 harus dimulai dari diri sendiri.

Selain itu, Sekkab halbar juga meminta agar tim satgas kecamatan selalu stanbay di posko, sehingga warga yang ingin berobat bisa langsung terlayani.

”Dalam kunjungan ini juga, kami dari tim Satgus menyerahkan APD dan cairan Handsanitaizer untuk tim posko. Selain itu, masker yang diserahkan ke posko bisa diberikan kepada warga yang belum memiliki masker,”ujarnya. (zu3/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini