Lawan Corona, Isteri Bupati Halbar Sumbang APD

Editor: Admin author photo
Isteri Bupati Halbar Joula Adelia Missy ketika menyerahkan bantuan APD RSUD Jailolo (Foto/Amri)
JAILOLO--Pasca mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Alat Pelindung Diri (APD) serta masker menjadi kebutuhan utama masyarakat di seantero dunia. Begitu pula dengan cairan steril hand sanitizer dan disinfektan.

Di Provinsi Maluku Utara (Malut), misalnya. Warga di sana boleh dibilang sudah mengikuti semua prosedur standar langkah pencegahan Corona. Hanya saja, satu hal yang nampak masih kesulitan diperoleh di sana. Yakni, APD.

Alat pendukung pencegahan Covid-19 ini masih menjadi barang langka di daerah kepulauan itu. Bisa dibilang masih terhitung dengan jari. Karena, jumlahnya sangat terbatas. Itu pun rata-rata merupakan bantuan dari pemerintah pusat bagi petugas paramedik,

Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, isteri salah satu kepala daerah di kabupaten di Malut, rela merogoh kocek pribadinya. Adalah Joula A. Missy Tampun yang menyumbang APD bagi petugas medis di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

Pada Selasa (19/5) lalu, Tampun yang isteri dari Bupati Halbar, Dany Missy, secara simbolis serahkan sejumlah APD kepada Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jailolo, dr. Hi. Syafrullah Radjiloen.

Saat ini, APD sangat sulit ditemui di pasaran. Kalaupun ada harganya selangit. “Maka bantuan paket APD ini diharapkan dapat membantu para petugas medis di RSUD Jailolo yang kini memiliki ruang isolasi untuk PDP (Pasien Dalam Pengawasan-Red)," kata Tampun kepada NusantaraTimur, Selasa (19/5).

Menurut Tampun, APD sangat penting bagi petugas medis. Karena, kata dia, paramedik berhadapan langsung dengan pasien. Terlebih lagi, tambahnya, bila mengurusi penderita Corona. Artinya, jelasnya, petugas medis sangat rentan terinfeksi Covid-19 jika tak dibekali dengan APD yang memadai.

"Kita lihat di beberapa rumah sakit di Indonesia saat ini sudah mulai kekurangan APD, untuk itu saya berharap semoga bantuan ini dapat membantu dokter dan paramedis dalam menjalankan tugasnya," tandas Tampun.

Dia berharap, dalam menjalankan tugas, para dokter dan perawat diharapkan selalu dalam kondisi prima demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Tampun yang juga Ketua TP-PKK Halbar, menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan daya tahan tubuh. Dia anjurkan agar selalu mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan. “Back to nature, kembali ke makanan sehat berbahan baku alami,” urainya.

Selain itu, Joula A. Missy Tampun berharap masyarakat turut mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Corona.

Sementara itu, Direktur RSUD Jailolo dr. Hi. Syafrullah Radjiloen, angkat topi atas dukungan yang diberikan Joula A. Missy Tampun.

"Dukungan dan bantuan dari ibu Bupati ini merupakan suatu support mental bagi tenaga medis dan paramedis yang sedang berjuang, sehingga kami merasa ternaungi dan bisa bekerja lebih keras lagi. Tidak takut, namun tetap waspada," kata Syafrullah kepada NusantaraTimur, Selasa (19/5).

Setidaknya itikad baik Tampun bisa menjadi contoh bagi isteri-isteri kepala daerah lainnya.(zu3/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini