Mesin PLN Jebol, Halbar Alami Pemadaman

Editor: Admin author photo
Kantor PLN Cabang Jailolo
JAILOLO-Sejumlah wilayah di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), saat ini, akan mengalami gulita di waktu malam. Pasalnya, mesin pembangkit listrik milik PT. Perusahan Listrik Negara (Persero) Cabang Jailolo, Kabupaten Halbar, jebol.

Untuk itu, pada Kamis (14/5), PLN setempat mengeluarkan surat edaran soal pemadaman bergilir di sana.

Kepala  Jaringan PLN Jailolo, Duppy Septiano, mengatakan, keadaan tak nyaman ini terjadi menyusul adanya kerusakan pada mesin pembangkit. "Sebelumnya kami belum keluarkan surat edaran pemadaman bergilir, karena kami masih mencoba untuk melakukan perbaikan mesin yang rusak di Desa Ulo (lokasi mesin pembangkit-Red)," kata Duppy kepada NusantaraTimur, Kamis (14/5).

Menurut Duppy, mesin yang rusak itu tak lain adalah mesin sewaan. "Intinya kami tidak tinggal diam, kami terus melakukan perbaikan dan pemeliharaan mesin, agar memasuki Idul Fitri nanti tidak ada pemadaman lagi," ucapnya.

Tak berbeda dengan Duppy, Teknisi Mesin sewaan PLN Jailolo, Andi Sukarmain, menyatakan hal serupa. "Beberapa hari kemarin memang mesin kami lagi mengalami kerusakan, karena ada gangguan di jalur Sidangoli. Tetapi mesinnya sudah selesai diperbaiki dan siap beroperasi," jelas Andi kepada NusantaraTimur, Kamis (14/5), di area gedung pembangkit, di Desa Ulo.

Dia lantas menjelaskan bahwa mesin sewaan ada sembilan Unit. Sialnya, empat unit sedang mengalami kerusakan besar. “Alatnya sementara di pesan," jelasnya. Olehnya, hanya lima unit yang mem-back up atawa menopang pasokan listrik di sana. (zu3/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini