Satu Orang Positif Corona di Minsel, 'CEP' Minta Masyarakat Jangan Panik Namun Waspada

Editor: Admin author photo

Foto : Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu (CEP)

MINSEL- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Sulawesi Utara resmi mengumumkan delapan kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 pada Rabu (13/5). Dengan demikian total akumulatif jumlah pasien terkonfirmasi Positif COVID-19 berjumlah 82 orang.

Sementara penambahan 8 (delapan) kasus covid-19 ini berasal dari beberapa daerah, satu daerah diantaranya Minahasa Selatan (Minsel). Hal ini disampaikan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu (CEP) Melalui Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Minsel dr.Erwin Schouten.

"Di Kabupaten Minsel sudah ada satu orang pasien yang terkonfirmasi positif corona. Pasien berjenis kelamin pria, usia 46 tahun, yang bersangkutan merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit Bethesda Tomohon. Masuk rumah sakit, pada tanggal 6 mei 2020. Dengan riwayat sakit sesak nafas, batuk berlendir dan demam tiga hari sebelum akhirnya masuk rumah sakit. Serta gejala lainnya," ujar Schouten.

Ia menambahkan bahwa pasien positif corona asal Minsel ini, sudah berapa kali dilakukan pemeriksaan dan akhirnya dinyatakan postif.

"Yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan penunjang lainnya yaitu foto toraks/paru. Hasilnya yang bersangkutan didiagnosa impending ALO, HPT Urgency dan Pneumonia (PDP). Berdasarkan diagnosa, penderita kemudian dirawat di ruaangan isolasi. Dan sejak masuk rumah sakit pada tanggal 6 mei 2020, penderita dilakukan pemeriksaan Rapid Test dengan hasil Non Reaktif. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan Swab pertama Nasofaring dan Orofaring pada tanggal 8 mei 2020 dengan hasil Negatif. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan Swab kedua pada tanggal 12 mei 2020 dengan hasil positif, " tambahnya.

Diketahui yang bersangkutan berprofesi sebagai petani. Dan tidak ada riwayat perjalanan baik diluar daerah ataupun diluar domisili dan tidak ada kontak dengan pelaku perjalanan dari daerah terjangkit.

"Dengan kasus ini, maka kami akan melakukan penyelidikan epidemiologi, tracing, tracking dan pemeriksaan Swab kontak erat resiko tinggi serta screening Rapid test," tutupnya.

Dengan adanya kasus positif corona di Minsel, maka Bupati CEP meminta masyarakat agar jangan panik. Namun tetep waspada serta patuhi anjuran pemerintah.

"Kita jangan panik, Namun tetap waspada serta patuhi anjuran pemerintah dengan selalu menerapkan Physical Distancing, social distancing dan terapkan hidup bersih serta tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak," himbau CEP. (Ir)
Share:
Komentar

Berita Terkini