Sebanyak 2.558 KK Bakal Dapat Bantuan dari Dinsos Taliabu

Editor: Admin author photo
La Utu Ahmadi (Kepala Dinas Sosial Pemkab Pulau Taliabu)

TALIABU-Untuk meringankan beban ekonomi masyarakat akibat pandemi COVID-19. Dinas Sosial Pemkab Pulau Taliabu rencana memberikan bantuan beras kepada masyarakat Pulau Taliabu.

Bantuan yang akan diberikan Dinas Sosial Pemkab Pulau Taliabu merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Sosial Republik Indonesi Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Penggunaan Cadangan Beras Pemerintah Untuk Penanganan COVID-19.

Hal itu disampaikan Kadis Sosial Pemkab Pulau Taliabu, La Utu Ahmadi, untuk keperluan penyaluran beras Dinas Sosial  akan melakukan pendataan di setiap desa-desa.

“ Saat ini kita masih pendataan di mulai sejak empat hari lalu, kita mulai dari taliabu bagian utara, tadi juga kita sudah mulai di wilayah bobong kemudian bagian selatan juga tadi datanya sebagian sudah di kirim ke sini, tinggal taliabu timur selatan yang belum. Jadi kita lakukan pendataan dulu sembari menunggu beras dari Ternate, karena memang kita harus siapkan datanya dulu supaya berasnya nanti datang penerima bantuannya sudah siap,” tutur Kadis Sosial, La Utu Ahmadi, kepada wartawan media ini, Rabu (06/05/2020).

La Utu menjelaskan beras tersebut awalnya kita usulkan 100 ton, tapi karena data pendukung kita tidak cukup, makanya kita kurangi. Selain itu kapasitas kapal juga tidak bisa muat sebanyak itu dalam satu kali pemuatan, karena kalau dua kali juga kita khawatirkan masa siaga COVID-19 ini sudah berakhir.

“ Usulannya kita 50 ton lebih dari 2.558 KK penerima yang nantinya disalurkan per KK  22 Kg,” beber La Utu.

Meskipun sempat beredar kabar bantuan  tersebut hanya diperuntukan untuk mahasiswa. Hal itu dibantah La Utu Ahmadi bahwa bantuan ini disalurkan ke seluruh masyarakat.

"Jadi bantuan beras ini bukan hanya untuk mahasiswa, tapi semua masyarakat yang baru datang dari daerah lain yang terdampak, dan 3 KK yang  bertetangga dengan yang baru datang itu juga bakal diberikan. Namun yang jelas bantuan ini di luar dari yang sudah dapat BLT, PKH Rastra dan bantuan lainnya,” ucap Kadinsos.

Dalam waktu dekat ini, sambung La Utu, beras itu sudah akan tiba di Taliabu. “ Komunikasi kami terakhir tanggal 10 kapal pemasok beras tersebut sudah star dari ternate, kalau berasnya memang sudah ada di gudang di sana, setelah tiba di taliabu tinggal kita bagikan sesuai data yang ada,” paparnya.

Kadinsos berharap agar pendataan yang dilakukan oleh desa sekarang ini sesuai dengan peruntuhkan dari bantuan tersebut.

” Para kades yang melakukan pendataan agar data itu benar-benar ke sasaran yang kita tujukan, dan kepada masyarakat juga agar bantuan ini tidak dinilai banyak dan kurangnya, tapi ini adalah bentuk dari perhatian pemerintah,” harap La Utu. (Ari/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini