Sebanyak 32 KK Dapat Bantuan BLT dari Pemdes Langganu

Editor: Admin author photo
Kepala Desa Langganu Basirun ketika menyerahan bantuan BLT kepada penerima yang dipusatkan di Kantor Desa Langganu, Kecamatan Lede, Kabupaten Pulau Taliabu

TALIABU- Selesai melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) untuk validasi finalisasi dan penetapan penerima Bantuang Langsung Tunai (BLT) dana desa (DD)  pada tanggal 4 Mei kemarin.

Hari ini, tanggal 5 Mei 2020. Pemerintah Desa (Pemdes) Langganu, Kecamatan Lede, Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) mulai menyalurkan BLT kepada 32 Kepala Keluarga (KK).

Sebanyak 32 KK, penerima BLT tersebut sudah sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Sebelumnya ada 14 kriteria yang disepakati, tetapi sesuai hasil revisi hanya 9 kriteria bagi penerima.

Pantauan media ini di lokasi penyaluran BLT bertempat di Kantor Desa Langganu tidak semua penerima BLT hadir. Lantaran sakit, sehingga tim relawan yang dipimpin Kepala Desa Langganu langsung lapangan mendatangi rumah penerima untuk menyerahkan bantuan tersebut.

Kepala Desa Langganu, Basirun, ketika di konfirmasi wartawan media ini mengenai penyaluran BLT tersebut. Dia mengungkapkan bahwa besaran anggaran Dana Desa yang diplot sebesar  30 persen untuk BLT ini sebesar Rp.19.200.000,00. Untuk penyaluran tahap pertama.

“ Penerima BLT sebesar Rp. 600 ribu per KK, jika di hitung semuanya Rp.19.200.000.000 yang dibagikan hari ini sesuai jumlah penerima sebanyak 32 Kepala Keluarga,” tutur Kades Langganu.

Basirun menjelaskan penyerahan BLT tersebut sesuai ketentuan Permendes PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 telah jelas mengatur tentang metode perhitungan untuk diplot ke BLT ini.

"Jadi sesuai regulasi, maka dana desa seperti di langganu ini ada Rp. 820 juta,  kemudian di buka untuk BLT ini maksimal 30%, maka yang menerima sebenarnya kurang lebih 150 KK, tapi setelah di sesuaikan dengan kriteria maka hanya 32 KK yang berhak menerima,” papar Basirun.

Sebanyak 32 KK penerima BLT ini, data penerimanya di ambil dari setiap dusun yang ada di Desa Langganu.

“ 32 KK penerima BLT diambil dari 3 dusun yang ada di desa ini, yakni Dusun Talaga Batu 15 KK, Dusun Muara Batas 8 KK dan Dusun Langge 9 KK,” beber Kades.

Ketika ditanya untuk penyaluran BLT tahap kedua, Kades Basirun, berjanji akhir bulan ini sudah bisa disalurkan.

"Insya Allah di akhir bulan Mei ini juga direncanakan sudah akan di salurkan untuk tahap ke dua,” Aku Kades.

Basirun berharap BLT yang diberikan di masa pandemi covid-19 ini harus dimanfaatkan dengan baik sesuai kebutuhan sehari-hari. Untuk masyarakat yang tidak dapat bantuan akan diberikan bantuan yang lainnya.

"BLT di masa pandemi ini bagi yang mendapat bantuan harus bersyukur, tapi tidak dapat harus bersabar, karena harus kita maklumi bahwa ini sesuai ketentuan dan kriteria, kalau pun tidak ada kriteria saya juga kepengen semua masyarakat di bagi rata. tapi kan yang tidak dapat BLT ini juga sudah mendapat bantuan Rastra, KIS, dan PKH,” tutup Basirun.

Turut hadir dalam penyaluran BLT ini diantaranya Camat  Lede, Drs. H. Aliati Maundu, Kapolsubsektor Kecamatan Lede,  Wadanyon Kostrad Armed 9, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para pemuda setempat. (Ari)
Share:
Komentar

Berita Terkini