Tiga PDP COVID-19 di Kepsul Sembuh

Editor: Admin author photo
Hendrata Thes (Bupati Kabupaten Kepulauan Sula)
SANANA-Tiga pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus corona yang sempat diisolaso di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanana dinyatakan sembuh dan telah mengantongi izin pulang.

“ Setelah dirawat selama 23 hari di RSUD Sanana, tiga pasien dalam pengawasan dinyatakan sembuh dan besok (11/05) akan dipulangkan,” tutur Juru bicara Tim Satuan Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19, Kabupaten Kepulauan Sula, dr. M. Makmur Tamani, kepada wartawan media ini, Minggu (10/05/2020).

Tiga PDP yang dinyatakan negatif virus corona, yakni satu orang berasal dari Desa Manggega, Kecamatan Sanana Utara. Sedangkan, dua orang berasal dari Falabisahaya, Kecamatan Mangoli Utara.

“ Tiga PDP ini kita pulangkan, karena dinyatakan sembuh, berdasarkan uji laboratorium spesimen Swab Test dengan metode polymerase chain reaction (PCR) Balai Teknis Lingkungan Kesehatan (BTLK) di Kota Ambon,” ucap Makmur.

Hal senada disampaikan Bupati Kepsul, Hendrata Thes, tiga pasien dalam pengawasan telah dinyatakan pulih, setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan di BTLK Ambon. Dinyatakan negatif virus corona, rencananya Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 akan memulangkan mereka ke Desa masing-masing.

“ Nanti besok pagi ketiga pasien itu kita akan pulangkan, karena ketiga pasien ini negatif.” tutur Bupati Kepsul.

Meskipun mengantongi izin pulang, kata Hendrata Thes, sesuai dengan protap kesehatan. Tiga pasien dalam pengawasan tersebut masih menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

"Meski sudah sembuh, tetapi kita harapkan pasien waspada supaya tidak terinfeksi ulang, sementara di rumah dulu, patuhi himbauan physical distancing" imbau Hendrata.

Rencana pemulangan ketiga orang PDP negatif tersebut akan di antara langsung oleh Bupati Kepulauan Sula.

“ Saya akan ikut mengantar langsung ketiga pasien tersebut sebagai contoh bagi yang sakit harus optimis tidak perlu takut,” ucap Hendrata. (di/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini