Warga Tikep Dijamin Selama Pemberlakuan Lock Steril

Editor: Admin author photo
Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen,SE
TIDORE--Meningkatnya penderita Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut), tentu membuat warga di negeri al-mulk itu merasa was-was.

Kota Tidore Kepulauan (Tikep) adalah satu-satunya daerah yang memberlakukan blokade arus lalu-lalang manusia. Pintu laut, pelabuhan besar maupun kecil, ditutup hingga 27 Mei 2020. Terhitung sejak 14 Mei status pemberlakuan Lock Steril di semua akses masuk dan keluar di wilayah Kota Tidore Kepulauan.

Kebijakan yang dilakukan Walikota Tikep, Ali Ibrahim dan Wakilnya, Muhammad Sinen, boleh dibilang spektakuler. “Langkah cepat ini dilakukan semata-mata untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” urai Wakil Walikota Tikep, Muhammad Sinen kepada Aidar Salasa dari NusantaraTimur, Sabtu (16/5), di kediamannya, di Tidore.

Meski seluruh akses, baik laut dan darat telah ditutup, namun pengawasan terus dilakukan. Perlu diketahui, Lock Steril yang diterapkan di Tikep, memang benar-benar sesuai prosedur standar. Artinya, tak ada arus lalu-lintas manusia di sana. Sudah begitu, pemerintah setempat melakukan pengawasan secara teratur. “Terhitung 1x24 jam seluruh area kami kendalikan,” tambah Sinen.

Yang patut diacungin jempol, pemberlakuan Lock Steril di Tikep mendapat tanggapan positif dari warganya. Berbeda dengan di sembilan kabupaten dan kota lainnya di Malut. Dalam memerangi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Tikep memperoleh dukungan penuh dari warganya.

Contohnya pemberlakuan Lock Steril. Tak ada satu pun warga di sana yang protes. Semuanya manut pada kebijakan Pemkot Tikep. Pasalnya, Pemkot Tikep tak lupa memberikan jaminan kebutuhan hidup warganya. Dan, bantuan tersebut telah disalurkan ke masyarakat.

“Kami beri beras, telur, minyak goreng, susu dan gula pasir. Mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa membantu dan meringankan masyarakat selama 14 hari," ujar Muhammad Sinen.


  • Setidaknya, warga Tikep terjamin selama masa Lock Steril. Artinya, Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen sudah melakukan gebrakan spektakuler di Malut. Bagaimana dengan Kepala Daerah lainnya di sana? Kita lihat saja nanti. (Aidar/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini