15 Juni, KPU Halbar Aktifkan Kembali PPK dan PPS

Editor: Admin author photo
Miftahudin Yusup (Ketua KPU Halbar)
JAILOLO-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Barat (Halbar) rencananya akan kembali mengaktifkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), yang terhitung dimulai tanggal 15 Juni 2020 mendatang.

Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) sendiri sempat tertunda disebabkan mewabahnya Corona Virus Diease 2019 (COVID-19).

Sebagai langkah awal, KPU Halbar akan mengaktifkan para penyelenggara tingkat bawah seperti PPK dan PPS, dimana Sebelumnya PPK dan PPS di non aktifkan KPU Halbar seiring merebaknya penularan covid 19.

Ketua KPU Halbar, Miftahudin Yusup mengatakan, rencana pengaktifan penyelanggara adhoc khusus PPK dan PPS bakal ditindaklanjuti dengan pembentukan Petugas, terutama Pemutakhiran Data Pemilih (PP-DP) dalam tahapan pelaksanaan pemuktahiran data pemilih.

“Jadi, tahapan awal akan di gelar 15 juni, tetapi kita masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) PKPU terkait Juknis pelaksanaan tahapan pemuktahiran data pemilih,” kata Miftahudin Yusuf, kepada reporter nusantaratimur.com Muhammad Amri,  Jumat (05/06/2020).

Miftahudin menyebutkan, meski pelaksanaan tahapan pilkada di tengah covid-19, namun yang pasti kita akan selalu koordinasi dengan pemerintah daerah setempat sebagai upaya mengantisipasi wilayah yang rentan terdampak Covid-19.

“Untuk mengantisipasi corona virus, diperkirakan akan bertambah jumlah TPS,” ujarnya.

Miftahudin menambahkan, untuk pemilih pada tiap TPS kemungkinan di kurangi, hal ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan. Walaupun berdasarkan ketentuan TPS, jumlah pemilih berkisar kurang lebih 400 orang, tetapi kita harus berdasarkan protokol covid-19.

"Yang pastinya, sampai saat ini kita (KPU-red) masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) PKPU dari KPU Pusat," Tutupnya. (zu3)

Share:
Komentar

Berita Terkini