Anak Penderita Hidrosefalus Dapat Perhatian Pemkab Halbar

Editor: Admin author photo
Rosfintje Kalengit (Kadinkes Halbar)
JAILOLO – Inayah umur 2,4 bulan penderita Hidrosefalus  mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar).

Inayah asal Desa Sidangoli Gam, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halbar. Di ketahui mengalami penderitaan hydrosefalus sejak lahir. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Halbar, Rosfintje Kalengit, kepada wartawan saat berada di ruang kerjanya, Senin (08/06/2020).

Meski Inayah, kata Rosfintje, mengalami penyakit hydrosefalus, namun konidisi gizinya tetap baik. “tadi saat kita melakukan kunjungan di rumahnya sempat menyapa dan ia merespon dengan baik,” tutur Kadinkes.

Rosfintje mengatakan Inayah sebelumnya menetap di Kota Ternate bersama kedua orang tuanya bernama Riski dan ibunya bernama Safira. Tetapi  jelang pandemi covid-19 mereka kembali ke Desa Sidagoli Gam bersama keluarga untuk menghindari virus corona.

"Kunjungan yang kami lakukan hari ini adalah memastikan kondisi balita serta memberikan sedikit bantuan sembako, susu dan vitamin serta santunan berupa uang," ujar ibu Fin sapaan Kadinkes Halbar.

Fin menambahkan dari sisi medis untuk penanganan lanjutan harus dirujuk, tetapi belum dipastikan waktunya. Namun, masih menunggu kelengkapan adminstrasi lain termasuk Kartu Keluarga (KK) dan BPJS. Sebab yang menjadi sedikit hambatan karena mereka belum memiliki kelengkapan identitas kependudukan lainnya.

"Kami juga mengharapkan ada keterlibatan dari instansi lain. Salah satunya Dinas Sosial serta dinas terkait lainnya, agar dapat bersama-sama membenahi kebutuhan masyarakat pada umumnya,"harapnya.

Lanjutnya, untuk pengurusan BPJS sedikit menyita waktu beberpa hari, karena harus menunggu dari pihak terkait. Namun diupayakan semaksimal mungkin agar hal ini secepatnya ditangani.

"Apabila semua telah dilengkapi administrasi maka akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD Chasan Boesoerie. Nanti langka selanjutnya pihak terkait yang melakukan semua itu. Namun, kami berharap hal ini dapat dipermudahkan sehingga dapat dipulihkan penyakitnya,"tutupnya. (zu3)
Share:
Komentar

Berita Terkini