Dua Rumah di Desa Tolofuo Terkena Longsor

Editor: Admin author photo
Rumah longsor di Desa Tolofua, Loloda, Halmahera Barat (foto/Amri)
JAILOLO - Hujan deras yang menguyur Desa Tolofua, Kecamatan Loloda, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menyebabkan dua rumah warga mengalami rusak berat.

Dua rumah yang rusak di ketahui milik bapak Rakip Umar dan Apsiran Apsa. Akibat dihantam tanah longsor sekitar pukul 09.00 WIT pagi tadi, ungkap Kaur Desa Tolofuo, Harmin Muchsin, kepada wartawan media ini, Senin (08/06/2020).

Kejadian tanah longsor di Desa Tolofuo, disebabkan hujan deras yang terjadi pada Senin malam lalu.  “ Kelongsoran disebabkan hujan deras serta angin kencang yang mengakibatkan longsor itu terjadi. Kondisi di desa untuk tanah sendiri mudah longsor karena posisinya berada di dataran tinggi,” papar Harmin.

Kaur desa ini menyebutkan, kejadian tanah longsor pernah terjadi pada tahun sebelumnya. Apabila terjadi hujan serta angin kencang."Kami berharap pihak terkait dapat menangani ke longsor, karena kejadian tersebut membuat masyarakat resah serta ketakutan,” harapnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Halbar, Imran Lolori, ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Tetapi pihaknya telah mengupayakan semaksimal mungkin memberikan bantuan, namun menjadi kendala adalah cuaca buruk, sehingga belum bisa menuju kelokasi kejadian.

“ Kami sudah mengupayakan namun, cuaca buruk sehingga belum bisa menuju ke tempat kejadian. Namun kami telah berkomunikasi dengan Camat untuk memastikan kondisi ditempat kejadian serta mendata kerusakan apa saja agar kami bisa mengetahui serta menyiapkan semua kebutuhan,"tandasnya. (zu3/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini