Jaringan 4G Masuk Halbar

Editor: Admin author photo
Foto Kepala Diskominfo Halbar (foto:ist)
JAILOLO - Kabupaten Halmahera Barat merupakan daerah Pertanian, Perkebunan, Pariwisata, serta Perikanan laut, sehingga perlu menjadi perhatian serius dalam peningkatan kebutuhan jaringan telekomunikasi yang sudah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat di Kabupaten Halmahera Barat.

Kadis Kominfo, Kehumasan, Statistik dan Persandian Pemkab Halbar Chuzaemah Djauhar. Selasa, (23/6) mengatakan saat ini jaringan Telekomunikasi telah tingkatkan (upgrade) layanan 4G Melalui Program Tower BTS USO BAKTI-KOMINFO (Telkomsel, Indosat dan XL) USO Bakti-Kominfo yang sebelumnya layanan jaringanya 2G saat ini sudah mulai ditingkatkan ke layanan jaringan 4G.

"Sejumlah Tower BTS USO Baik Telkomsel Maupun Indosat dan XL yang telah dibangun pada beberapa titik di Kabupaten Halmahera Barat akan ditingkatkan (upgrade) dari layanan 2G menjadi 4G, kedepannya daerah lain yang belum terealisasi," Ungkap Chuzaemah

Emma sapaan Chuzaemah Djauhar juga menambahkan bahwa Total Tower 4G maupun 2G yang telah terpasang dalam program ini sebanyak 23 Tower yang diseluruh kecamatan di Halmahera Barat. Untuk Tower yang sudah diupgrade ke 4G berjumlah 10 sedangkan tower yang masih 2G berjumlah 13 dan akan segera di-upgrade menjadi 4G.

"Saat ini layanan komunikasi 2G hanya dapat digunakan untuk telepon dan pesan singkat SMS (Short Message Service) saja, jadi secara bertahap dan sedang di lakukan upgrade perangkat dengan menghadirkan layanan 4G untuk melayani jaringan akses data di pelosok-pelosok Desa sehingga masyarakat dapat merasakan fasilitas sinyal 4G, dengan mudah mengakses internet melalui gadget android maupun iOS," sebutnya.

Lanjut Emma mengucapkan apresiasi kepada pihak Kominfo-Bakti serta pihak provider yakni Telkomsel, XL dan Indosat dalam kerjasama memenuhi kebutuhan akses telekomunikasi masyarakat di Halmahera Barat.

"Saya berharap dengan hadirnya layanan jaringan 4G di Desa Pelosok dapat membawa berkah bagi masyarakat dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta mempercepat pertumbuhan ekonomi digital dan mendorong percepatan transpormasi digital dalam menghadapi revolusi industri 4.0," tutupnya. (zu3/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini