Kabar Gembira, MTQ Jailolo Di Gelar Besok

Editor: Admin author photo
Suasana rapat

JAILOLO - Walaupun sempat tertunda, kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke -28 di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) akan kembali di gelar pada tanggal 24 sampai 29 juni 2020.

Kegiatan tersebut sudah dijadwalkan oleh Pemda Halbar pada bulan Maret 2020 lalu yang berlokasi di Kecamatan Ibu. Tetapi adanya Covid-19, maka penggelaran MTQ tingkat Kabupaten mulai di tunda, sehingga baru bisa digelar besok Rabu 24 Juni 2020.

Sekda Halbar Syahril Abd. Rajak selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan MTQ adalah kegiatan tingkat nasional, yang dimana dari pusat sampai ke tingkat daerah. Sementara Halbar direncanakan pada bulan Maret lalu namun tertunda.

"Rabu besok 24 Juni 2020 kegiatan mulai digelar, mengingat kabupaten/kota di Malut sudah melaksanakan MTQ, dan hanya Kabupaten Halbar yang belum melaksanakan kegiatan ini," jelasnya.

Syahril juga mengingatkan, gelaran MTQ Kabupaten Halbar ini di tengah wabah Covid-19, sehingga para undangan maupun peserta tetap kita jalankan protokol kesehatan.

"Kegiatan MTQ tetap kita jalankan, akan tetapi sesuai dengan protap kesehatan. Terkecuali pawai taaruf dan acara seremonial yang kemudian kita tiadakan. Saat berlangsung nanti, kita juga meminta penanganan khusus langsung dari Dinkes dan Polres Halbar untuk menjadi penentu dalam lomba," cetusnya.

"Untuk peserta lomba nanti sebanyak 121 orang yang terdiri dari 8 kecamatan, dengan 10 mata lomba. Selain itu, kami dari panitia akan mengurangi undangan atau tamu yang datang, upaya mengatisipasi kerumunan orang yang meningkat di acara tersebut," tambahnya.

Syahril juga menjelaskan, kegiatan ini akan dilaksanakan di Kecamatan Jailolo, ini suatu upaya agar mudah dikontrol oleh Tim Covid-19. Sementara titik sentral atau tempat pelaksanaan MTQ, bertempat di Villa Gaba Desa Guaemadu dan Sekretariat LTPQ belokasi di Desa Hatebicara Kecamatan Jailolo.

"Sebelum Covid-19, kegiatan ini diagendakan di kecamatan Ibu. Setelah hasil rapat secara bersama, Pemda Halbar bersepakat pelaksanaan ditetapkan di Jailolo, dengan alasan agar mudah di kontrol oleh Tim Ciid-19," ujar Syahril.

Syahril juga mengingatkan bahwa peserta lomba wajib putra asli dari kecamatan yang ada. Jika diketahui bahwa peserta tersebut berasal dari luar daerah setempat maka panitia akan menggugurkan.

"Untuk peserta, jika ketahuan identitas dari luar kabupaten atau diluar dari kecamatan setempat, maka akan digugurkan,"cetus Sahril lagi.

Untuk diketahui, kegiatan MTQ ini, pemda Halbar juga suda berkoordinasi dengan pihak kepolisian Polres Halbar terkait izin pelaksanaan kegiatan MTQ.

Hadir dalam konferensi pers yakni, Sekda Halbar Syahril Abd. Rajak, Kadinsos Halbar Samsuri Majid, Sekretaris Kominfo Halbar Sahmi Salim, dan perwakilan dari Depag Halbar. (zu3)
Share:
Komentar

Berita Terkini