KNPI Haltim Gelar Refleksi Pemuda untuk Halmahera Timur

Editor: Admin author photo
Foto.Ist

MABA--Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD-KNPI) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) menggelar “Refleksi Pemuda Untuk Halmahera Timur”  dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Haltim Ke-17 dan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020.

Acara Refleksi Pemuda Untuk Halmahera Timur yang dilaksanakan DPD KNPI Haltim bersama seluruh elemen pemuda berjalan khidmat yang dipusatkan di Taman Woyo Gula, Kota Maba, Selasa,(2/6/20).

Kegiatan tersebut bertujuan mengenang sejarah perjuangan pembentukan Kabupaten Halmahera Timur sekaligus ajang silaturahmi disertai doa bersama untuk para pejuang Pemekaran Kabupaten Halmahera Timur dan Pejuang Pancasila, ungkap Ketua DPD KNPI Haltim, Ifdal Rajak, kepada awak media usai melaksanakan menggelar acara refleksi tersebut.

Ifdal mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan DPD KNPI Haltim untuk mengenang historis pembentukan kabupaten Halmahera Timur yang ditetapkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 06 Tahun 1990 bertepatan dengan Tanggal 15 Agustus 1990 (Lembaran Negara Tahun 1990 No 15) tentang pembentukan daerah tingkat II Halmahera Timur oleh Menteri Dalam Negeri meliputi enam kecamatan yaitu, Tidore, Oba, Weda, Patani, Gebe dan Wasile.

Sambung Ifdal, setelah pemekaran Provinsi Maluku Utara dimekarkan pada tanggal 25 Februari Tahun 2003 dengan dikeluarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2003 tentang pembentukan daerah otonomi baru, maka Kabupaten Halmahera Timur adalah salah satu Kabupaten Kota yang ada di wilayah Provinsi Maluku Utara turut dimekarkan.

"Hal ini ditandai dengan semangat juang para pejuang terdahulu untuk pemekaran daerah otonomi baru salah satunya Kabupaten Halmahera Timur,” ucap Ifdal.

Sementara kegiatan Refleksi Pemuda Untuk Haltim ini mendapat antusias para pemuda Haltim. Hal ini ditandai dengan 10 perwakilan OKP dan LSM turut hadir dan menyampaikan orasi ilmiah, tutupnya. (riel)
Share:
Komentar

Berita Terkini