Kontribusi Positiv, Tol Laut Kembali Datangkan Bahan Pangan & Bangunan

Editor: Admin author photo
Suasana bongkar muat di pelabuhan Jailolo (foto:ist)
JAILOLO - Untuk yang kesekian kalinya, Kapal Nusantara III, Kapal Tol Laut kembali mendatangkan barang-barang kebutuhan pokok ke Halmehera Barat melalui Pelabuhan Kontener Matui-Jailolo.

Kapal yang di nakhodai Kapten Raymond Arthur Pangau ini membawa berbagai macam bahan pangan dan bangunan.

Sesuai data Dinas Perindagkop Halbar, kapal dengan bobot 3.040 tonase ini menurunkan 84 ton beras, 44 ton gula pasir, 40 ton terigu, 1 kontener bahan campuran biskuit, detergen, kopi dan lain-lain, serta bahan bangunan diantaranya; semen 1.750 Sak, Seng dan Paku seberat 5 Ton.

Kadis Perindagkop Halbar Martinus Djawa, Rabu (24/6) mengatakan, Kapal dengan 19 awak ini akan kembali ke Surabaya dengan muatan terdiri dari 204 ton kopra, 38 ton cumi, 16.000 Buah Kelapa, 22 ton arang tampurung dan Batok Kelapa 48 Kubik.

Aktifitas bongkar muat Kapal Tol Laut di Pelabuhan Matui ini kata Martinus, sangat berdampak positif terhadap perputaran ekonomi Halmahera Barat.

Dia pun berharap para pengusaha di Halmahera Barat agar memaksimalkan keberadaan Kapal Tol Laut ini dengan baik agar roda ekonomi terus bergerak meski ekonomi nasional bahkan global saat ini masih lesu karena hantaman pandemi Covid.

Eks Kadis Perindag Malut ini pun membantah jika ada yang menilai Kapal Tol Laut belum memberi dampak terhadap harga barang di Halbar.

"Kalau di tanya dampak dari Kapal Tol Laut terhadap perekonomian, sudah pastilah memberikan efek positif bagi Halmahera Barat,"jelas Martinus.(zu3/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini