Kunjungi Kecamatan Tenga, Bupati Minsel Pantau Penyaluran BLT di Dua Desa

Editor: Admin author photo
Foto: Kunjungan Bupati CEP di Kecamatan Tenga
MINSEL- Dalam rangka memastikan realisasi penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana desa kepada warga terdampak wabah Coronavirus Disease (Covid-19), Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu (CEP) memantau langsung penyaluran BLT di dua Desa yang ada di Kecamatan Tenga, Selasa (16/06).

Dua desa yang dimaksud yaitu desa Pakuweru dan desa Tenga, Kecamatan Tenga.

Dalam sambutannya, Bupati CEP menyatakan, seluruh dunia mengalami pandemi Covid-19 yang berdampak pada seluruh sendi kehidupan masyarakat. Kondisi inilah yang menjadi salah satu perhatian pemerintah pusat melalui pemerintah daerah untuk memberikankan bantuan dalam bentuk BLT.

"Dananya bersumber dari Dana Desa. Jadi, sebagian dari dana tersebut diambil untuk disalurkan kepada warga yang benar-benar membutuhkan dan kriteria penerima sudah diatur dalam undang-undang, Untuk Minsel sendiri kurang lebih ada Rp.9 Miliar Dana alokasi untuk BLT,” ungkap Bupati..
Ia juga berharap bagi masyarakat penerima BLT agar mempergunakan bantuan tersebut untuk kebutuhan pangan.

"Gunakan bantuan ini sebaik mungkin, belanjakan untuk pangan. Dan belanjalah di dalam desa, Dengan demikian agar perputaran ekonominya hanya dalam desa saja," tambahnya.

Foto: Bupati CEP saat tiba di Desa Pakuweru

Hukum Tua Desa Pakuweru, Johan Egeten merespon kunjungan Bupati Minsel. Dirinya sangat berterima kasih karna Bupati Minsel sudah mau hadir ke desa Pakuweru.

"Atas nama pemerintah desa pakuweru, sangat berterima kasih kepada bupati Minsel yang telah hadir di desa kami dan melihat langsung penyaluran BLT di desa pakuweru," Ucapnya.

Untuk diketahui desa Pakuweru sendiri menyalurkan BLT nya sebanyak 88 Kepala Keluarga (KK) dari 626 KK yang ada.

"Dari jumlah penerima BLT di Desa kami, sesuai dengan aturan dan regulasi syarat kriteria penerima BLT hanya ada 88 KK, karna sesuai rapat juga dengan masyarakat untuk dana desa pada tahun ini, masyarakat sepakat untuk memprioritaskan anggaran tersebut untuk pembanguan air bersih. Karna didesa kami sangat membutuhkan air bersih. sementara jumlah total penerima manfaat BLT, PKH, BPNT dan BST total penerima sebanya 383 KK dari 626 KK yang ada," jelasnya.

Sementara untuk desa Tenga, pemdes setempat menyalurkan BLT kepada masyarakat sebanyak 110 KK. (Ir)
Share:
Komentar

Berita Terkini