MTQ Di Halbar Resmi Di Helat

Editor: Admin author photo
Danny Missy Saat sambutan (foto:ist)

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat resmi menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-XXVIII tahun 2020. Pembukaan Ajang baca tulis kitab suci Al-Qur’an tingkat Kabupaten Halbar itu berlangsung di Vila Gaba, Desa Guaemaadu Kecamatan Jailolo, Halbar,Rabu(24/6/2020).

Bupati Halbar Dany Missy, saat membuka MTQ menyatakan, MTQ merupakan ajang seni baca tulis Al-Qur’an yang digelar berjenjang secara nasional dari daerah sampai pusat. Inti dari kegiatan yang dilaksanakan saat ini adalah membentuk masyarakat halbar yang religius.

“Bagaimana kita membentukan masyarakat yang religius, semua itu kita harus laksanakan kegiatan-kegiatan yang religius pula,” ungkap Dany.

Danny bilang Pemkab halbar akan terus memgembangkan Kegiatan Keagamaan, baik itu secara fisik maupun non fisik.

“Kita akan terus kembangkan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh masyarakat halbar, baik fisik maupun non fisik,” katanya.

Lebih lanjut Danny menjanjikan, kepada para peserta yang mengikuti MTQ yang keluar sebagai juara satu, bakal diberikan hadiah umroh dan pendidikan agama di luar daerah Halbar.

“Peserta yang keluar sebagai juara satu, sesuai janji saya akan diberikan umroh dan pendidikan agama secara gratis,” cetusnya.

Terpisah, Ketua LPTQ Halbar, Syahril Abd Radjak dalam sambutannya menyampaikan, dalam perlombaan MTQ kali ini sangat berbeda dengan MTQ yang dilaksanakan tahun sebelumnya, MTQ kali ini dengan kondisi Covid-19, sehingga dilaksanakan dengan cara membatasi peserta yang datang di arena MTQ.

“MTQ kali ini kita laksanakan perkecamatan, jadi perlombaannya di gelar perkecamatan, setelah satu kecamatan sudah usai mengikuti perlombaan, maka kita mengundang kecamatan lainnya untuk ikut hingga usai pada 8 kecamatan di halbar,” jelasnya.

Tambah Syahril, peserta MTQ adalah putera-puteri Halbar, yang merupakan hasil musyawarah yang disepakati bersama, sehingga tidak ada toleransi bagi kafila kecamatan memakai jasa (Qori/Qoriah) dari luar Halbar,” Bukan kita tidak nasionalis, tapi ini lebih ke pembinaan anak-anak Halbar,” imbuhnya.

Senada dengan itu Kepala kemenag HisbullahThahir menambahkan, Jika dilhat dari pembangunan di Halmahera Barat. dirinya memberikan apresiasi kepada bupati, karena sudah membawah halbar Sesuai visi/misi menjadikan masyarakat halbar yang religions.

"Saya memberikan apresiasi buat pak bupati, yang sudah membawa Visi/Misi bagi Halbar yang bisa membawa masyarakat pada hal-hal yang religius,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua panitia, Hi. Samsuri Madjid, menambahkan, MTQ di jadwalkan di lakasanakan di Kecamatan Ibu Selatan.Namun, karana Covid-19, sehingga di alihkan ke Vila Gabah di Desa Guaemaadu Kecamatan Jailolo, yang di ikuti sesuai protokol kesehatan.

“Kegiatan MTQ kali ini diikuti 122 peserta dan 14 orang Juri yang memeliki kompetensi,” tutupnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini