Mulai Hari ini BKPSDMA Pultab Berlakukan Sistem e-Formasi

Editor: Admin author photo
Surati Kene (Sekretaris BKPSDMA Pultab)
TALIABU-- Menindaklanjuti program Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia (RI).

Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur (BKPSDMA) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) akan menerapkan Penyusunan Informasi Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik (e-Formasi)   dengan menggunakan aplikasi Male 0.19. Hal itu disampaikan Sekretaris BKPSDMA Pemkab Pultab, Surati Kene, melalui siaran pers reporter nusantaratimur.com, Kamis (04/06/2020).

Surati menjelaskan, tujuan sistem e-formasi ini adalah untuk mengetahui gambaran struktur organisasi, peta jabatan, jumlah pegawai yang ada, jumlah pegawai yang dibutuhkan dan jumlah kekurangan atau kelebihan pegawai di instansi pemerintah.

" Manfaat e-Formasi adalah untuk menentukan kebutuhan pegawai, menentukan kelas jabatan dan menentukan sasaran kerja pegawai,” tutur Surati.

Surati menambahkan optimalisasi kebutuhan ASN menggunakan sistem e-Formasi dipertegas dengan Surat Edaran Menpan RB Nomor : B/5548/M.PAN-RB/12/2014. Dalam Surat Edaran tersebut sekaligus mempertegas Surat Edaran Menpan sebelumnya Nomor B-2156/M.PAN.RB/5/2014 tentang Penerapan Sistem e-Formasi.

" Sistem ini merupakan salah satu program percepatan reformasi birokrasi yang mulai dicanangkan semenjak Edaran Menpan RB di terbitkan,” jelasnya.

Sistem e-Formasi mulai hari ini telah  diberlakukan. Untuk itu, ia  meminta kepada seluruh ASN dilingkungan Pemkab Pultab agar menyiapkan berkas dalam bentuk file untuk kepengurusan seperti kenaikan pangkat, penyesuaian ijazah, Pensiun Taspen, Karpeg, Karsi karsu, mutasi dan lain-lain.

" Berkas kami terima dalam bentuk Scan untuk di teruskan ke pihak BKN, tidak ada lagi berkas dalam bentuk fisik,” pungkasnya. (Ari)

Share:
Komentar

Berita Terkini