Pemasangan Internet Di Halbar Berlanjut

Editor: Admin author photo
Kabid Penyelenggaraan e-Goverment Diskominfo Halbar Ikram Awam. (foto:ist)
JAILOLO-Penyediaan Akses Internet merupakan salah satu program USO (Universal Service Obligation/Kewajiban Pelayanan Universal) di bidang telekomunikasi dan informatika yang dikelola Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo RI.

Program ini, menyasar pada sasaran utama seperti Fasilitas Pendidikan, Kesehatan, Pemerintahan Kecamatan dan Desa. Lebih khusus lagi penyediaan akses internet di sekolah-sekolah, balai latihan kerja, puskesmas, balai desa, kantor-kantor pemerintahan serta lokasi publik di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) sesuai Perpres 131.

Berdasarkan pada hal tersebut baru-baru ini telah dilaksanakan rapat virtual (online) melalui fasilitas aplikasi Zoom Metting antara kementerian Kominfo, BAKTI, Dinas Kominfo Provinsi dan Dinas Kominfo Kabupaten se-Provinsi Maluku Utara tertanggal 02 Juni 2020, tentang rencana pemasangan Akses Internet (WIFI BAKTI Aksi) pada Fasilitas Kesehatan dan pendidikan di Provinsi Maluku Utara 2020/2021.

Dalam meeting tersebut mendapatkan hasil bahwa Halmahera Barat termasuk prioritas yang akan mendapatkan Layanan Internet WIFI BAKTI AKSI

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kabid Penyelenggaraan e-Goverment Diskominfo Halbar Ikram Awam. Selama, (30/6) usai rapat tersebut menjelaskan bahwa usulan untuk pemasangan baru Akses Internet di Kabupaten Halmahera Barat telah diterima di Diskominfo propinsi Malut untuk dikirim ke Pusat dan saat ini menunggu persetujuan untuk dibangun.

"Jadi kami di Halbar akan kebagian sekitar 60 titik pemasangan akses internet USO-KPU Bakti di tahun ini dan daftar titik koordinat pemasangan telah diterima Provinsi tinggal menunggu persetujuan pihak Kementerian," ungkap Ikram

Ikram menambahkan bahwa sembari menunggu daftar list pemasangan lokasi disetujui oleh pihak Kementerian, Pemkab akan merelokasi dua lokasi perangkat yang saat ini telah terpasang Akses Internet BAKTI AKSI di kecamatan Jailolo untuk direlokasi ke Kecamatan Ibu selatan dan Loloda, mengingat dua lokasi tersebut telah terakses jaringan Fiber Optik (FO) .

"Dua lokasi yang direlokasi yakni perangkat di Puskesmas Jailolo direlokasi ke Puskesmas Tolofuo Kecamatan Loloda dan perangkat di Kantor Camat Jailolo di Relokasi ke Puskesmas Barru Kecamatan Ibu Selatan," tutup Ikram. (zu3/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini