Pemkab Halbar Cairkan Anggaran Siltap Rp. 19,6 Milyar

Editor: Admin author photo
Sekretaris Daerah Pemkab Halbar Syahril Abdurajak
JAILOLO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) akhirnya merealisasikan anggaran Penghasilan Tetap (Siltap) Pemerintah Desa (Pemdes) sebesar Rp. 19.672.639.500.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Halbar Syahril Abdurajak ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (04/6) menjelaskan, anggaran Siltap yang telah dicairkan sebesar Rp. 19,6 miliar itu, untuk pembayaran Siltap Pemdes selama 6 bulan terhitung dari Januari hingga Juni. Namun dari total 175 desa, pencairan Siltap baru dilakukan oleh 163 desa, sementara 12 desa lainnya belum bisa dicairkan, karena hingga saat ini Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) belum masuk.

"Sesuai data dari keuangan, Siltap desa sudah dibayar dari Januari hingga Juni dan untuk 12 Desa belum dicairkan, karena APBDesnya belum masuk, sehingga proses pencairannya belum bisa dilakukan, namun jika besok atau lusa APBDes sudah ada maka langsung dicairkan, “ungkapnya.

Mantan Kadis Keuangan Pemkab Halbar ini menambahkan, anggaran yang telah dicairkan sebesar Rp. 19 miliar itu, terhitung sejak Januari hingga Juni, yakni Januari Rp. 3.606 miliar, Februari Rp. 3.611 miliar, Maret Rp. 3,616 miliar, April Rp. 3.631 miliar, Mei Rp. 3,658 miliar dan Juni Rp. 4.570 miliar.

"Prinsipnya kita siap membayar, jika semua dokumennya sudah siap dan insya Allah Siltap bulan Juli juga bisa dibayar bulan depan, “katanya.

Sekda mengaku, untuk anggaran operasional Pemdes tahun 2020 juga sudah dicairkan, sementara tahun 2019, ada yang belum dicarikan, karena saat itu ada kesepakatan antara Pemdes dan Pemkab yakni pencairan operasional Pemdes bisa dilakukan jika penagihan pajak sudah selesai dilakukan oleh Pemdes.

"Tapi untuk tahun ini persyaratan setiap pemdes harus menagih pajak ditiadakan, karena saat ini semua pemdes menghadapi Pandemi Covid-19, sehingga pencairan operasional desa tidak ada masalah dan sudah dicairkan untuk tahap satu,"pungkasnya. (zu3/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini