Salurkan BLT Tahap Dua, Kades Langganu: Kuota Penerima Bertambah

Editor: Admin author photo

Kades Langganu Basirun saat memberikan BLT Tahapa dua kepada warga penerima (Foto/Ari)
TALIABU--Pemerintah Desa (Pemdes) Langganu, Kecamatan Lede, Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Selasa (02/06) siang tadi. kembali menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap dua kepada penerima bantuan.

Dalam penyaluran BLT Dana Desa tahap dua ini,  ada penambahan kuota penerima sebanyak 88 Kepala Keluarga (KK).

Sementara BLT tahap pertama sebelumnya disalurkan kepada 32 KK. Sehingga  totalnya penyaluran BLT Dana Desa tahap dua sebanyak 120 KK penerima.

“ BLT di tahap pertama hanya 32 penerima. Hal itu berdasarkan Permendes Nomor 6 Tahun 2020 dengan 14 kriteria atau minimal 9 kriteria, tapi setelah PMK Nomor 40/2020 diterbitkan, maka kita hanya memakai 3 kriteria. Akhirnya, kami mendata kembali dan kuotanya tertambah dari 32 menjadi 120 KK,” terang Kades Langganu, Basirun, kepada nusantaratimur.com melalui via telepon seluler.

Lanjut Basirun, penambahan kuota penerima BLT Dana Desa sebagai implikasi dari terbitnya PMK 40/2020. Di mana rujukan yang di pakai sebelumnya adalah Permendes 6/2020.

Selain pengaruh regulasi. Sambung Basirun, tuntutan mahasiswa dan pemuda desa langganu yang kita akomodir sebagai aspirasi mereka bertambahnya kuota penerima.

“ Sebab, mahasiswa dan pemuda desa langganu juga turut terlibat dalam penambahan ini melalui keterlibatan mereka bersama tim relawan untuk turun mendata warga dan aspirasi mereka untuk di tambahkan, tutur Basirun.

Tak hanya itu, sebanyak 88 KK penerima BLT Dana Desa ini diberikan kepada keluarga yang kehilangan mata pencarian, janda, lansia dan beberapa warga yang rumahnya kurang layak di huni. Dan kita menargetkan untuk penyaluran tahap ke tiga, kata Basirun, nantinya akan disalurkan di akhir bulan ini.

“ Tahap ketiga nanti kami targetkan disalurkan akhir bulan Juni ini,” aku Kades.

Usai menyalurkan BLT Dana Desa kepada penerima. Kades Langganu berharap dapat manfaatkan bantuan tersebut untuk kebutuhan ekonomi sehari-hari.

"Saya berharap agar masyarakat Desa Langganu penerima BLT ini, bisa digunakan untuk sedikit membantu meringankan beban ekonomi, dan bukan untuk dipakai berfoya-foya,” harapnya.(Ari)
Share:
Komentar

Berita Terkini