Tol Laut Bantu Nelayan dan Petani Di Halbar

Editor: Admin author photo
Foto aktivitas tol laut (foto:ist)

JAILOLO - Upaya Bupati Halmahera Barat Danny Missy membuka akses Tol Laut di Kabupaten Halmahera Barat di nilai berhasil, dalam kurun waktu empat bulan terkahir (Februari, Maret, April, Mei) tahun 2020. Sangat membantu petani dan nelayan.

Pelabuhan Konteiner Matui, Kecamatan Jailolo, Halmahera Barat telah mengirimkan ratusan ton hasil perkebunan dan perikanan ke Surabaya Jawa Timur. Ratusan ton hasil perkebunan dan perikanan tersebut diangkut menggunakan Kapal Tol Laut.

Sejak disinggahi Kapal Tol Laut, sesuai data Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & UKM Kabupaten Halmahera Barat, sejak tanggal 16 februari hingga 31 mei lalu, hasil Perkebunan berupa kopra yang dikirim ke Surabaya menggunakan Kapal Tol Laut via Pelabuhan Matui sudah sebanyak lima kali pengiriman, dengan jumlah 873 ton.

Begitupun dengan hasil perikanan yang dikirim melalui Pelabuhan Matui dengan tujuan Surabaya sudah menembus angka 200an ton. Ratusan ton hasil perikanan tersebut berupa Cumi dan Ikan Layang. Tercatat sudah tiga kali pengiriman sebanyak 7 ton.

Sebagai pelabuhan yang disinggahi jalur Tol Laut, Pelabuhan Matui, dinilai memberi kontribusi signifikan dalam menggerakkan ekonomi nasional lebih khusus Maluku Utara terutama Halmahera Barat.

Kepala Dinas Perindagkop UKM Halbar, Martinus Djawa, selasa (16/6) mengatakan, aktifitas pengiriman barang di Pelabuhan Matui ke Surabaya di dominasi oleh dua produk yakni Perkebunan berupa kopra dan Perikanan yakni Cumi dan Ikan Layang.

“Sesuai data yang kami rekap, sampai bulan mei kemarin, Kopra yang dikirim melalui Pelabuhan Konteiner Matui sebanyak 873 ton, sedangkan hasil perikanan sebanyak 212 ton terdiri dari 205 ton Cumi dan 7 ton Ikan Layang,”ungkap Martinus.

Mantan Kadis Perindag Malut ini optimis, Pelabuhan Konteiner Matui Halbar akan terus mengirimkan produk-produk perikanan dan perkebunan ke surabaya.

"Semoga semakin memberi dampak ekomomi yang baik bagi masyarakat kita" tutupnya (zu3/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini