1.084 KK Di Jaltim Siap Terima BST

Editor: Admin author photo
Foto Bersama Warga Enam Desa Dengan Kadinsos Halbar (foto:ist)
JAILOLO - Sebanyak 1.084 Kepala Keluarga (Kk) yang berada di kecamatan Jailolo Timur (Jaltim), dalam waktu dekat akan mendapatkan Bantuan Sosial Tunai (BST), oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Barat.

Kepala Dinas Sosial Halbar, Samsuri Majid mengatakan penyaluran BST yang bersumber dari APBD, atas kebijakan Danny Missy meminta supaya penyaluran untuk warga 6 desa dapat dilakukan, mengingat dengan tujuan untuk pemerataan yang dirasakan seluruh warga Halbar.

"Kebijakan Bupati untuk BST yang sumber anggaran dari pemda Halbar untuk warga 6 desa, mengingat karena dari kebijakan nasional terkait covid-19 ini, bantuan BST dari kemensos maupun dana DD di wilayah 6 desa tidak mendapat bantuan tersebut," ungkapnya.

Samsuri mengatakan kebijakan ini dalam rangka keadilan, pemerataaan dan demi kesejahteraan masyarakat.

"Kebijakan yang dilakukan Bupati untuk pemberiaan BST, supaya masyarakat 6 Desa juga merasakan seperti warga yang menerima BST Kemensos dan BLT-DD," jelasnya.

Samsuri bilang, pembagian BST ini, sesuai dengan instruksi Bupati Halbar yang dimana penyaluran pembayaran mulai dalam Bulan Juli 2020 ini, selama 3 bulan dengan nilai Rp. 1.800.000.

"Jadi pembayaran bulan April, Mei dan Juni, untuk nilai besaran per bulan Rp. 600 ribu sama seperti BLT-DD dan BST dari kemensos. Untuk lanjutan bayaran 3 Bulan lanjutan itu sebesar Rp 300.000 lanjutan bulan Juli, Agustus dan september," sebut Samsuri.

Masih Samsuri mengatakan untuk tahapan verifikasi dan soisalisasi dinsos bersama team sudah melakukan pada 05 Juli lalu yang dihadiri langsung oleh Camat Jaltim, Pemdes, BPD, bersama warga dari 6 desa sekaligus penetapan nama-nama warga penerima BST.

"Untuk masing-masing jumlah KK dari 6 Desa yang layak menerima BST dari Pemda Halbar yakni dari Desa Pasir putih 50 KK, Bobane Igo 438 KK, Tetewang 188 KK, Akelamo 203 KK, Ake sahu 115 KK dan Desa Dum dum 90 KK," sebutnya.

"Sesuai data verifikasi dari Dinsos, dari enam desa di Jaltim, sebanyak 1.084 Kk yang berhak menerima BST Pemda, maka dengan total anggaran sebesar Rp. 2.926.800.000," tutupnya (zu3)
Share:
Komentar

Berita Terkini