Gandeng Dengan BWS Malut, Dinas Pertanian Haltim Peduli Petani

Editor: Admin author photo
Proses panen raya dinas pertanian dan bws malut (foto:ist)
Haltim, Pemerintah Daerah Halmahera Timur mengapresiasi kerja samanya dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Wilayah Sungai Provinsi Maluku Utara.

Kepala dinas pertanian Kabupaten Halmahera Timur, Din Adjision mengucakan terima kasih atas dari BWS Malut yang membuat kemampuan petani terpenuhi.

"Selama ini banyak kekurangan. Namun, dengan kerja sama yang di bangun ini akan dimaknai bersama-sama sebagaimana keinginan petani akan terpenuhi dalam hal ini air sawahnya," ujar Din.

Din mengatakan akan membangun sinergitas bersama instansi terkait agar beberapa daerah di Haltim memiliki wilayah cetak sawah.

"Untuk wilayah Maba Utara dan Tengah, belum mempunyai cetak sawah, menurut kami bersama dinas pertanian Haltim akan mengusulkan ke Kementerian pertanian khususnya dirjen PSP untuk cetak sawah," cetusnya.

Karena menurut Din sangat menguntungkan bagi petani antara lain tidak lagi sulit mencari benih berlebel unggul dan bermutu,menambah kesejahteraan ekonomi masyarakat tani, terutama pada kelompok penangkar.

"Ini akan menjadi semangat untuk bertanam walau dalam kondisi pandemi covid-19 karena kegiatan tersebut selain mendapatkan benih dan saprodinya hasil panen kegiatan penangkaran pun dapat dibeli oleh PT. Petani Persero cabang Sulut sebagai produsen benih," terangnya.

Kadis menambahkan sampel lahan yang di ubin para PPL sekecamatan Wasile mencapai produktivitas yang maksimal.

"Ada 8,6 Ton/Ha gabah kering panen kalau di konversi ke gabah kering panen menjadi 6 ton/Ha dan bila di konvensi ke beras menjadi 4,3 Ton/Ha ini berarti target produktivitas Nasional 7 % dari produktivitas sebelumnya dapat di capai di Haltim," pungkasnya.

Ia berharap budidaya padi sawah petani pemakain air dapat bersinergi sehingga mengahasilkan keuntungan.

Di tambahkan penjelasan dari kepala bidang tanaman pangan dan Hortikultura Ibrahim Senen menjelaskan kegiatan bersumber dari APBN Satker Direktorat perbenihan kementerian pertanian RI telah melaksanakann panen raya.

"Ada seluas 50 Ha, 25 Ha di Desa Akedaga Kecamatan Wasile Timur yang sudah panen dan 25 Ha di Desa Bumi Restu Kecamatan Wasile pada hari ini di panen dan hasilnya memuaskan," tutupnya. (red-tim).
Share:
Komentar

Berita Terkini