Media Center KPU Kota Tikep Diresmikan

Editor: Admin author photo
foto bersama 
TIDORE- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan menggelar kegiatan peresmian media center pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan Tahun 2020. Kegiatan yang berlangsung di lingkungan KPU Kota Tidore Kepulauan ini di buka secara resmi oleh ketua KPU Provinsi Maluku Utara Puja Sutama. Pada,Jumat (24/7/2020).

Ketua KPU Provinsi Maluku Utara (Malut) Puja Sutama dalam sambutannya menyampaikan kebanggaan terhadap KPU Kota Tikep yang telah mendirikan media center.

"Media center yang di buat KPU Kota Tikep ini juga bagian untuk melibatkan seluruh stakeholder termasuk juga dengan media masa seperti media cetak dan media Online, karena media massa ini juga merupakan pilar ke 4 dari demokrasi kita, guna untuk mengupdate informasi, memberikan informasi, mengamati dan menyebarluaskan informasi apa yang di lakukan penyelenggara pada tingkat bawa kepada masyarakat," ungkap Puja.

anjut dirinya mengatakan media masa di Kota Tikep, menjadi kekuatan untuk menginformasikan informasi dengan baik agar bagaimana untuk mengkanter berita-berita yang tidak benar atau kabar-kabar bohong

"Saya kira media massa berperan penting untuk mengkanter dan menjawab berita-berita yang tidak benar, Oleh karena itu kami berharap media center bisa memfasilitasi bapak ibu sekalian bagaimana bisa mendapatkan informasi dan pelayanan berita yang baik anda bisa datang di KPU Kota Tidore Kepulauan," pintanya.

Sementara itu Ketua KPU Kota Tikep Abdulah Dahlan dalam sambutannya menyampaikan, Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi sebagaimana dalam Pemilihan Umum. Sebagai syarat dan perangkat demokrasi.

"Pemilu ataupun pemilihan harus dilaksanakan secara bebas, jujur dan adil, atau free fair election. UUD 1945 menegaskan bahwa asas pelaksanaan pemilu adalah langsung, umum, bebas, dan rahasia, serta jujur dan adil, atau disingkat Luber dan Jurdil," sebut Abdulah.

Bagi Abdulah pemilu atau pemilihan yang luber dan jurdil akan terwujud apabila dikelola oleh penyelenggara yang mandiri, imparsial, berintegritas dan professional.

"Di sinilah pentingnya penyelenggara dituntut berlaku adil dalam memberikan layanan informasi kepada semua pemangku kepentingan Pemilihan, khususnya partai politik sebagai pengusung, calon atau kandidat, dan pemilih dalam hal ini rakyat sebagai pemegang kedaulatan," papar Abdullah.

"Masyarakat Tidore Kepulauan, sebagai pemilih harus mendapatkan informasi yang komprehensif atas tahapan pilkada, profil, figur dan kualitas pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Di sini peranan pers menjadi penting dan strategis sebagai pilar keempat demokrasi dalam menyajikan informasi yang berimbang dan profesional kepada masyarakat," sambungnya.

Ia berharap Keberadaan Media Center KPU Kota Tidore Kepulauan akan menyempurnakan fungsi Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang sebelumnya telah menjadi wahana informasi KPU tentang segala hal Kepemiluan.

"Media Center dan Rumah Pintar Pemilu ini akan menjaga keseimbangan Pilkada 2020. Di Rumah Pintar Pemilu kami menyiapkan info grafis tentang kepemiluan," harapnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini