Pemkot Tikep Resmi Ajukan Draf KUA-PPAS Tahun 2021 ke DPRD

Editor: Admin author photo
Kepala Bapelitbang Kota Tikep, Sofyan Saraha, (foto:ist)
TIDORE- Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) resmi menyampaikan Draf Kebijakan Umum Anggaran dan Penetapan Platfom Sementara (KUA-PPAS) Tahun 2021 untuk dilakukan pembahasan bersama DPRD Kota Tidore Kepulauan.

Hal ini disampaikan Kepala Bapelitbang Kota Tikep, Sofyan Saraha, saat ditemui reporter media ini di ruang kerjanya, Kamis (16/7/20202). Menurut Sofyan keterlambatan pengajuan KUA-PPAS Tahun 2021 tersebut disebabkan adanya musibah luar biasa yakni pandemi COVID-19. Akan tetapi Bapelitbang bersama DPRD bersepakat untuk mengajukan kembali draf KUA-PPAS pada minggu ke dua bulan Juli 2020.

"Penyusunan draf KUA-PPAS 2021, sebenarnya sudah dilakukan mulai akhir tahun 2019 lalu. Sehingga pada awal tahun 2020 tahapannya sudah berjalan mulai dari Musrembang, Konsultasi Publik dan forum OPD. Ketika pembahasannya hanya sampai melalui forum OPD kemudian kita kemudian diperhadapkan dengan wabah COVID-19 sehingga kami sudah tidak lagi membuat Forum OPD melainkan rapat terbatas,” jelas Sofyan.

Lebih lanjut Sofyan mengatakan dengan adanya pandemi ini sangat menghambat penyusunan KUA-PPAS Tahun 2021. Hal itu membuat Bapelitbang harus menyesuaikan dengan surat dari Menteri Dalam Negeri tentang pemberlakuan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Nomenklatur Kodefikasi perencanaan keuangan.

Untuk itu, kata Sofyan, perlu disesuaikan nomenklatur yang sebelumnya dengan yang terbaru. Dengan begitu, untuk saat ini sudah disepakati untuk pembuatan nomenklaturnya masih menggunakan yang lama.

Sambung Sofyan, sementara untuk yang baru akan dilakukan pemetaan dan dibuat dalam bentuk aplikasi, sehinga diterapkan pada tahun 2021. Karena itu diwajibkan oleh Mendagri.
Tak hanya itu, ada regulasi terbaru yang dikeluarkan pada bulan Juni lalu, yakni terkait dengan Permendagri Nomor 40 Tahun 2020 tentang pedoman penyusunan RKPD Tahun 2021.

“Dengan begitu,  kami harus melakukan perbaikan lagi untuk disesuaikan dengan Permedagri, namun setelah dilakukan penyesuaian semuanya telah selesai dan hari ini Kamis 16 Juli 2020 Drafnya sudah siap untuk diantar ke DPRD,” tuturnya. (dar)
Share:
Komentar

Berita Terkini