Pilkada Tikep Saat Ini Masuk Tahap Coklit

Editor: Admin author photo
Kpu Tikep Saat Konfrensi pers
TIDORE- Peresmian media center KPU Kota Tidore kepulauan yang yang diresmikan oleh ketua KPU Provinsi Maluku Utara Puja Sutama, media center yang  dicanangkan ini di ketahui sejak awal tahapan pilkada akan tetapi terkendala dengan situasi Covid-19 sehingga pilkada tersebut sempat tertunda dan pada akhirnya media center KPU Kota Tikep baru di realisasikan pada hari ini.

Hal tersebut di sampaikan oleh ketua KPU kota Tidore Kepulauan Abdullah Dahlan kepada sejumlah Wartawan saat Konferensi Pers di ruang Media Center KPU Kota Tikep  Jumat (24/7/2020) mengatakan Pilkada Kota Tidore Kepulauan sudah mulai berjalan sesuai dengan jadwal tahapan di PKPU nomor 19, yakni tahapan Pilkada Kota Tidore Kepulauan sudah sampai pada pemutahiran data dan penyusunan daftar pemilih tahun 2020.

"Saat ini untuk pemutahiran data dan penyusunan daftar pemilih masuk pada tahapan coklit dan sebanyak 221 petugas pemutahiran data pemilih (PPDP) kami sedang melakukan coklit di lapangan sampai pada hari ini laporan dari masing-masing PPS di wilayah kami itu sudah 73% daftar pemilih yang kami turunkan sebanyak 78.324 jiwa pilih sudah di coklit. dari 78.324 jiwa pilih itu sudah 73% sudah tercoklit," sebutnya.

"Alhamdulilah nanti data itu kita tunggu setelah dicoklit lalu di rekap oleh PPS kemudian oleh PPK kemudian naik di KPU untuk di tetapkan sebagai daftar pemilih sementara (DPS) kemudian kita turunkan lagi untuk menjadi daftar pemilih sementara hasil perbaikan dan DPS itu kita umumkan lagi ke publik mungkin ada yang namanya belum masuk, karena itu sesuai dengan tahapan akan kita masukan lagi terus dari DPSHP kemudian naik ke KPU lalu ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap DPT," lanjutnya menjelaskan.

KPU meminta dukungan dari teman-teman media cetak maupun media online di Kota Tidore kepulauan untuk sama-sama untuk memberikan informasi kepada masyarakat,

Abdullah mengatakan selaku penyelenggara menjamin pada hari pemungutan suara pada 9 Desember 2020 nanti di setiap TPS tetap steril dari covid-19 ini.

"Jadi penyelenggara atau petugas kami yang ada di TPS itu akan di bekali dengan APD lengkap dalam hal ini menggunakan mascer, faceshield, sarung tangan dan protokol kesehatan lainya," pungkasnya.

"Untuk panduan lainya masi menunggu petunjuk tekhnis berupa PKPU dari KPU RI terkait dengan pemungutan dan penghitungan suara," tutupnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini